Bank Kalsel Dukung Layanan Pembayaran E-Samsat

Bank Kalsel Dukung Layanan Pembayaran E-Samsat
1 2
Menurut Direktur Bank Kalsel H M Irfan, acara Launching E-Samsat, Sim Baru Online, SI Praktis ((Sistem Pengujian Praktek Otomatis) SIM Polres Tanbu dan Peresmian Gedung RTMC Polda Kalsel, Kamis, (29/12), manfaat e-Samsat Bank Kalsel atau Samsat online adalah pembayaran bisa dilakukan disetiap kabupaten/kota se-Kalsel, persyaratan mudah, menambah nilai promosi Bank Kalsel  di masyarakat sebagai salah satunya bank yang dapat melayani e-Samsat di wilayah Kalsel, meningkatkan brand awareness Bank Kalsel  di masyarakat khususnya Kalsel, mempermudah masyarakat dalam proses pembayaran pajak seperti tidak perlu antri, tidak harus datang langsung ke kantor Samsat, hemat waktu,
Pembayaran pajak STNK dapat dilakukan diseluruh jaringan Kantor Bank Kalsel  sesuai dengan jam operasional layanan bank, pembayaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi Mobile Banking Bank Kalsel, Transaksi penerimaan pajak relatif lebih singkat, meningkatkan jumlah penabung di Bank Kalsel karena nasabah akan memanfaatkan fasilitas Mobile Banking untuk bertransaksi pembayaran pajak STNK, meningkatkan fee based income dari nasabah baru yang akan memanfaatkan fasilitas Mobile Banking Bank Kalsel yaitu dari biaya administrasi bulan tabungan.
Irfan mengatakan, pengembangan aplikasi  E-Samsat atau Samsat Online adalah layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui channel Bank Kalsel yaitu Mobile Banking, ATM, teller, auto debet dan PPOB. Benchmark pengembangan e-Samsat Bank Kalsel atau Samsat Online adalah  e-Samsat Jatim dengan melakukan dengan sedikit modifikasi untuk mempermudah wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak.
Irfan mengatakan, tahapan pengembangan e-Samsat Bank Kalsel atau Samsat Online tahap I yakni Teller dan PPOB, Mobile Banking. Sedangkan tahap II yakni ATM, Auto Debet Bank (Rekening Tabungan Umum atau Tabungan e-Samsat), layanan keliling (Laku Pandai/Agent).
“Untuk kelancaran operasional e-Samsat adalah Bank Kalsel akan menyediakan aplikasi otomasi rekonsiliasi transaksi, Bank Kalsel akan mengirimkan secara harian detail pembayaran pajak dan rekap secara online(via ftp dan email), Bank Kalsel dapat menyediakan aplikasi reporting transaksi berbasis web yang dapat diakses oleh Dispenda, Bank Kalsel akan menyediakan aplikasi monitoring transaksi rekening kas daerah, Bank Kalsel dapat menyediakan aplikasi berbasis android untuk pengecekan keaslian bukti bayar pajak via Bank Kalsel (dapat digunakan pada saat ada razia),” katanya.
Dikatakan Irfan, proses pengembangan yakni pengembangan e-Samsat via channel teller sudah selesai dan diuji coba secara internal selanjutnya akan dijadwalkan uji coba dengan Dispenda. Pengembangan e-Samsat via Mobile Banking selesai Minggu kedua Desember 2016 selanjutnya akan dijadwalkan uji coba dengan Dispenda. Target implementasi adalah triwulan I tahun 2017 atau menunggu instruksi dari Dispenda.
“Kendala yang dihadapi sampai saat ini untuk pengembangan via channel teller dan Mobile Banking belum ada ke arah secara khusus dan untuk pengembangan via Channel ATM ditargetkan  Triwulan II tahun 2017 setelah channel Teller dan Mobile Banking berjalan lancar atau smoth, selain itu untuk pengembangan via ATM memerlukan waktu dan akan melibatkan vendor switching ATM (PT Artajasa),”katanya. da/info
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan