Banjarmasin Lima Besar Nasional Penyerapan Perumahan KPR

0
61 views
peruman-nasional
Direktut PPDPP (Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan), Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Budi Hartono (kiri) didampingi Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina (kanan)

Direktut PPDPP (Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan), Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Budi Hartono mengatakan, pemerintah terus membangun rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan menengah kebawah.

Bahkan penyerapan PPDPP di Kota Banjarmasin ke-5 terbesar se Indonesia sekitar 7 persen. Yang pertama paling tinggi Jawa Barat terserap 40 persen dan 35 persen, kedua Banten 10 persen, ketiga Jawa Timur 7 persen dan Jateng.

“Dana yang telah diberikan PPDPP tahun 2015 sudah mencapai Rp5,1 triliun untuk pembangunan 100 ribu rumah, tahun 2016 sekitar Rp9,2 trilyun juga untuk dana 100 ribu rumah,” katanya usai membuka pameran perumahan KPR di Duta Mall Banjarmasin.

Sedangkan tahun 2017 pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp9,7 triliun untuk 150 ribu rumah.
Perumahan KPR Sejahtera FLPP ini sudah memiliki standar, dimana pada saat akad harus layak huni berbentuk rumah 100 persen, sudah tersedia air, listrik, akses jalan serta fasilitas umum.

Dimana rumah FLPP itu harga jual tiap provinsi berbeda tergantung dari indek, mengenai batasan luas tanah minimal 60 meter persegi. Jika di daerah Jabotabek menjadi 60 meter, tapi di Kota Banjarmasin bahkan ada yang 120 meter persegi.

Bahkan terserapnya, tidak terbatas hanya untuk berpenghasilan tetap tetapi juga untuk yang berpenghasilan tidak tetap.Prinsipnya adalah semua yang berpenghasilan. Bank ini biasanya mensyaratkan menabung dulu selama satu tahun itu sehingga akan ketahuan pola incomenya seperti apa.

Kegiatan pameran di Duta Mall diikuti 68 pengembang yang ada di Kota Banjarmasin dan sekitarnya dengan terjangkau yang sudah memenuhi persyaratan KPR. Dengan target pengunjung tiap hari 2 ribu orang. Target minimal setiap hari 100 unit rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here