Hamdhani Kembali Serahkan Bantuan Alsintan Pada Petani Kobar

0
37 views

Pangkalanbun,Info Banua.Anggota DPR RI, Hamdhani kembali menyerahkan 2 traktor roda 4 dan 5 pompa air pertanian kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (6/1/2017).

Penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kobar tersebut, diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Marunting Batu Aji ini.

Selain Hamdhani, acara serah terima alsintan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Distanak Kobar, Rosehan Pribadi, Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf Wisnu Kurniawan, jajaran pegawai di lingkungan Distanak Kobar serta para penerima bantuan alsintan tersebut.

Hamdhani mengatakan, areal lahan Kobar cukup baik untuk pengembangan produksi pertanian. Karena itu, perlu didorong dengan alsintan yang memadai. Sehingga hasil produksi pertanian bisa lebih maksimal.

“Dengan dana aspirasi, saya dapat langsung diberikan kepada kelompok tani dengan koordinasi dengan dinas-dinas,” ujar Wakil rakyat Komisi IV Daerah Pemilihan Kamimantan Tengah (Kalteng) itu.

Politisi NasDem tersebut melanjutkan,”Komisi IV DPR RI membidangi pertanian, perikanan, kelautan, kehutanan dan bulog. Artinya, Komisi IV yang mengesahkan setiap kebijakan alokasi pada Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian LHK serta Badan Urusan Logistik. Total anggaran 2016 lalu Rp32 triliun. Itu secara nasional.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada TNI yang ikut dalam menyukseskan program kedaulatan pangan. TNI turut serta dalam penyawasan terhadap pupuk bersubsidi. Sehingga, masyarakat petani tak kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Kedua, TNI juga membantu dalam program cetak sawah. Bahkan, TNI pun membantu masyarakat hingga proses penanaman dan panen. “Keterlibatan TNI mengawal pertanian perlu diapresiasi. Mengawasi pupuk dan membantu cetak sawah oleh TNI.

Adanya bantuan alsintan ini, diharapkan petani sudah meinggalkan sistem bertani tradisional. Hal ini juga dapat memacu tingkat produktivitas pertanian.

Senada, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kobar, Rosehan Pribadi mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Hamdhani yang terus memperjuangkan nasib para petani Kobar, Kalteng, bahkan Indonesia. Melalui dana aspirasi, Hamdhani bisa memberikan langsung alsintan kepada para petani.

Dia meminta kepada setiap kelompok penerima bantuan untuk memanfaatkan alsintan tersebut dengan baik.

Untuk bantuan Alsintan 2016 di Kalteng kebagian traktor roda 2 sebanyak 143 unit, pompa air sebanyak 150 unit, traktor roda 4 sebanyak 7 unit, rice transplanter sebanyak 15 unit, combine harvester sebanyak 34 unit serta cornsheller sebanyak 3 unit.(*)

 

RO/Info Banua

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here