Pengembangan Pariwisata Kalsel Terhambat Buruknya Infrastruktur

Pengembangan Pariwisata Kalsel Terhambat Buruknya Infrastruktur

 

muhammad wisataKabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kalsel, Muhamad, mengakui, potensi pariwisata di Kalsel memang cukup besar namun untuk mengembangkannya terdapat banyak kendala.

 

“Salah satu penyebabnya adalah belum tersedianya infrastruktur yang memadai menuju tempat wisata, kemudian masyarakat di sekitar obyek wisata belum semuanya sadar akan pentingnya menjaga sopan santun dalam menerima wisatawan,” ujarnya.

 

Bahkan Dinas Pariwisata Kalsel belum berani menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini dapat meningkat tajam. “Dari data yang kami punya untuk tahun 2016, wisatawan mancanegara yang berkunjung 4000 orang. Tahun 2017 kami targetkan 5000 orang,” pungkasnya.

 

Secara terpisah koordinator Borneo Watch M Fauzan menilai, potensi pariwisata di Kalimantan Selatan belum dijadikan sumber pendapatan daerah bagi Kalsel. Apalagi, Kalsel memiliki potensi wisata alam yang melimpah.

“Potensi wisata di Kalsel sangat besar, hampir di kabupaten dan kota di Kalsel memiliki potensi wisata yang menjanjikan,” katanya.

 

Potensi wisata tersebut belum dikelola dengan maksimal oleh pemerintah sehingga tak cukup membantu pendapatan daerah. Padahal obyek wisata di Kalsel juga menarik digarap untuk memancing wisatawan termasuk di dalamnya wisata budaya.

“Pemerintah belum mengelola potensi wisata ini dengan baik, padahal jika wisata di Kalsel bisa menarik banyak wisatawan dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah dan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat sekitar,” tuturnya.

 

Ia menyebutkan, potensi wisata di daerah pedalaman juga cukup banyak. Seperti air terjun, pegunungan, air panas dan obyek wisata alam lainnya. Namun, pemanfaatan obyek wisata alam di daerah pedalaman Kalsel masih terkendala infrastruktur, salah satunya akses jalan dan transportasi.

 

“Di daerah pedalaman potensi wisatanya banyak. Wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah juga ada. Seperti di  Kabupaten HST wisata alam cukup banyak, tetapi akses yang belum ada membuat wisata di sana tidak dikenal. Termasuk juga di Balangan banyak terdapat wisata air terjun,” sebutnya.

 

 

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply