Dana Repatriasi Pajak Di Dorong Untuk Membangkitkan Investasi Sektor Usaha Riil

0
34 views

_20170409_142124Jakarta,Info Banua.Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat mendorong wajib pajak (WP) yang telah melakukan repatriasi untuk menginvestasikan dananya ke sektor riil,guna mendorong roda perekonomian Indonesia lebih baik lagi,kata Anggota Komisi XI DPRRI Abdul Latief Hanafiah,di Jakarta,Kamis (6/4/2017).

Menurutnya saat ini regulasi di sektor riil,merumitkan para investor lantaran adanya tumpang tindih kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah.

“Karena itulah wajib pajak lebih memilih instrumen investasi di bank maupun pasar modal,ketimbang usaha sektor riil”,ujar Abdul Latief

Lebih lanjut Abdul Latief mengatakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah harus membenahi segala regulasi dan memberikan insentif kepada wajib pajak yang berinvestasi di sektor riill.

“Pemerintah perlu memberikan jaminan, memberikan insentif bagi wajib pajak yang merepatriasi dan menginvestasikan dananya di sektor riil,dengan begitu dana pengusaha dapat kembali di ushakan di dalam negeri dengan membantu usaha sektor riil yang selama ini minim akan investasi”,katanya.

“Inilah saatnya pemerintah memperhatikan peluang investasi usaha sektor riill dengan memberdayakan potensi modal dalam negeri,dari hasil dana repatriasi”,pungkas Abdul Latief Hanafiah.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, program tax amnesty yang berlangsung sejak 9 bulan berakhir atau hingga 31 Maret 2017, diikuti 956 ribu wajib pajak dengan deklarasi harta mencapai Rp4.855 triliun, terdiri dari deklarasi dalam negeri Rp3.676 triliun, deklarasi luar negeri Rp1.031 triliun dan komitmen repatriasi Rp147 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here