Holding BUMN Bukan Solusi Efektif Dalam Persaingan Global

0
92

1573Jakarta,Info Banua.Rencana pemerintah membentuk beberapa holding BUMN dengan harapan dapat membuat perusahaan plat merah tersebut menjadi lebih besar dan berdaya saing,pada prinsipnya sangatlah baik,namun itu bukan solusi yang efektif, sebaiknya pembenahan manajemen dan tata kelola yang lebih di utamakan,kata Anggota Komisi VI DPRRI Sjachrani Mataja,di Jakarta,Rabu (5/4/2017).

Menurutnya,”lebih baik BUMN tersebut jadi perusahaan pendamping,bagi perusahaan asing yang ada di Indonesia,ini lebih efektif dari pada membentuk holding baru yang akan membebani BUMN itu sendiri”.

Dibeberapa negara  BUMN menjadi perusahaan pendaping bagi perusahaan besar sekaligus menjadi wakil pemerintah dalam kerjasama,dan kepemilikan saham pemerintah,katanya.

Dari pendampingan tersebut pemerintah dapat melakukan peningkatan saham nya malalui BUMN,dan dapat mengambil alih kepemilikannya dengan terus meningkatkan nilai saham.Di samping itu kita juga bisa meningkatkan kualitas SDM,dan pengambilalihan teknologi.

“Kalau untuk menghadapi persaingan global,di jawab dengan pembentukkan holding,akan banyak nantinya bermunculan holding baru,dan modal yang harus di siapkan,ini sangat tidak efektif.Berikan keleluasan BUMN,jadikan dia perusahaan pendamping dan wakil pemerintah dalam berinvestasi di perusahaan besar asing yang beroperasi di Indonesia,”pungkas Sjachrani Mataja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here