Jadilah Manusia Indonesia Berjiwa Pancasilais

0
63 views
Martapura,Info Banua.Anggota MPR RI Saiful Rasyid mengatakan perilaku Pancasilais hendaknya menjadi perilaku sehari-hari manusia Indonesia. Perilaku Pancasilais adalah perilaku yang disinari cahaya ilahi.
“Sejatinya Pancasila menjadi pandangan hidup manusia Indonesia. Perilaku yang sudah turun temurun. Perilaku yang disinari cahaya ilahi,” katanya ketika menyampaikan materi sosialisasi Empat Pilar kepada masyarakat di Kecamatan Sungai Tabuk,Kabupaten Banjar, Sabtu (15/4/2017).
Sebelumnya Saiful Rasyid menguraikan secara ringkas dan sederhana tentang empat konsensus dasar (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika).
“Tidak perlu dihafal, tidak perlu dicatat,tapi dipahami dan dimengerti dijadikan perilaku sehari-hari,” tegasnya.
Pancasialis adalah bila perilaku manusia Indonesia memanusiakan manusia dengan adil dan beradab,kata Saiful Rasyid.
“Perilaku Pancasialis adalah perilaku yang tutur katanya santun, simpatik, ucapannya sejuk, tidak mengadu domba, tidak menghasut dan menebar kebencian sehingga perilakunya melahirkan persatuan,” katanya.
Manusia Pancasilais akan selalu mengutamakan musyawarah mufakat. Tidak ingin menang-menangan dan main hakim sendiri.Hidupnya tidak egois, bukan untuk dirinya sendiri, tetapi dia menjadi makhluk sosial. Hidupnya untuk semua, amkhirnya memberi keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.
Menurut Saiful Rasyid jiwa Pancasilais hendaknya tidak hanya dimiliki oleh masyarakat,tetapi para pemimpin wajib,karena pemimpin merupakan panutan bagi masyarakat yang di pimpinnya.
Seorang pemimpin jika tidak memiliki jiwa Pancasilais dapat di pastikan wilayah yang di pimpinnya akan jauh dari kesejahteraan,masyarakatnya akan jatuh dalam keterpurukan,baik akhlak,mental dan kesejahteraan,pungkas Saiful Rasyid.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here