Sila Pertama Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Bernegara Dan Beragama 

Sila Pertama Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Bernegara Dan Beragama 

Tabalong,Info Banua.Dalam kehidupan berbangsa degradasi moral serta fenomena krisis moral yang terjadi pada masa sekarang ini,karena tipisnya ilmu agama untuk generasi muda yang akan tumbuh menjadi orang dewasa dan akan meneruskan generasi yang sedang berlangsung. Minimnya ilmu tentang ketuhanan dan kemanusiaan, disebabkan oleh faktor ekonomi yang rendah yang dimiliki keluarga, mengharuskan mereka tidak lagi memprioritaskan moral dan agama sebagai unsur terpenting dalam menjalani kehidupan,kata Anggota MPR Antung Fatmawati saat memberikan paparan dalam Sosialisasi Empat Pilar di Aula Mtsn Kelua,Tabalong,Kamis (8/6/2017).

Saat ini menurut Antung Fatmawati unsur utama adalah materi, harta dan lain sebagainya. Krisis ekonomi yang menimpa masyarakat menengah kebawah, tidak terperhatikannya masyarakat miskin oleh pemerintah, membuat masyarakat golongan menengah kebawah menjerit. Ditambah lagi dengan beberapa kebijakan – kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat kecil. Hal ini membuat faham – faham pemecah belah bangsa menjadi gampang untuk masuk ke generasi muda. Yang lebih di khawatirkan, adalah mengenai masuknya faham yang mengsampingkan agama diatas terpenuhinya kebutuhan hidup dan ekonomi. Kita sama – sama sepakat bahwa faham anti tuhan yang dulu sempat dibawa oleh Partai Komunis Indonesia harus diberantas sampai ke akar – akarnya. Inilah yang melatarbelakangi maraknya kriminal, kejahatan, dan perbuatan menyimpang lainnya yang terjadi pada masa sekarang ini.

Situasi Negara Kesatuan Republik Indonesia pada saat sekarang ini berada dalam krisis global yang mencakup semua sisi kehidupan. Baik krisis dalam bidang ekonomi, maupun krisis moral yang berujung pada kriminalitas.

Degradasi moral yang telah kita alami pada saat sekarang ini merupakan dampak dari menipisnya bekal pedoman dalam bernegara dan beragama sebagai benteng utama untuk menghadapi kehidupan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila sebagai dasar Negara secara jelas telah menjelaskan bahwa pedoman bernegara pada sila pertama yaitu Katuhanan Yang Maha Esa,katanya.

Menyadari dan paham bahwa negara ini dapat terbentuk Karena kesadaran setiap umat beragama untuk menyatukan diri dalam suatu wadah dimana kita dapat bersatu didalam satu tujuan. Menyadari ada hal yang sifatnya spiritual untuk menjadikan hidup lebih tertata dan tidak berantakan di dalam aturan – aturan serta ketetapan yang telah ditentukan oleh Agama. Hal tersebut menjadikan Batasan yang berperan sebagai pengontrol serta pedoman hidup. Batasan mengenai baik atau buruknya suatu perbuatan yang nantinya akan menopang tatanan hidup yang benar dalam beragama dan tentu saja dalam bernegara,pungkas Antung Fatmawati. (*)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply