Banjir di Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel

0
37 views

Batulicin,Info Banua.Banjir di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu di penghujung Ramadhan membuat 3164 KK (12.000 jiwa) terdampak banjir. Banjir akibat tingginya curah hujan, air laut pasang, dan pendangkalan sungai tsb juga merendam beberapa ruas jalan Nasional. Anggota Komisi V DPR-RI Abdul Latief Hanafiah yang meninjau langsung lokasi banjir dan penanganan dampak banjir,Rabu (21/6/2017),berpendapat upaya menanggulanginya adalah normalisasi sungai di wilayah itu dan rehabilitasi daerah hulu. Ketidak mampuan sungai menampung air  akibat hujan di hulu dan  tingginya air laut menyebabkan banjir jelasnya.

Agar banjir ini tidak menjadi masalah rutin setiap musim hujan, Abdul Latief berharap disamping upaya normalisasi sungai, pemerintah juga perlu lakukan penggeseran pemukiman penduduk dari bantaran sungai ke wilayah yg lebih tinggi.

Ia menilai, kondisi di wilayah hulu serta serta sungai dan daerah alirannya berubah akibat  dampak tambang yang tidak terkendali. Oleh sebab itu ia juga meminta pihak perusahaan tambang turut bertanggung jawab untuk menanggulangi masalah tersebut.

Pada kesempatan kunjungannya bersama Wakil Bupati dan Dandim, Abdul Latief menilai Pemerintah  bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan relawannya telah bertindak cepat untuk menangani masyarakat  yang terdampak banjir. Hanya saja tempat penampungan terasa sangat memprihatinkan padahal diantara korban banyak anak-anak dan manula yang perlu perhatian khusus. Dengan alas tikar tanpa kasur dan bantal serta MCK yang terbatas nampak perlu fasilitas yang lebih baik apalagi ada kemungkinan mereka melaksanakan Hari Raya Idul Fitri di tempat pengungsian.

Partisipasi masyarakat dalam membantu korban cukup tinggi, namun dari daftar sumbangan hanya dari masyarakat dan perusahaan kecil. Sedang dari perusahan pertambangan besar belum terlihat turun tangan padahal mereka banyak mengeruk keuntungan dari daerah ini, bahkan barangkali banjir ini juga dampak dari kegiatan tambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here