Penghentian Pemberian Subsidi Benih Di Tahun 2018 Masih Belum Dapat  Di Lakukan

Penghentian Pemberian Subsidi Benih Di Tahun 2018 Masih Belum Dapat  Di Lakukan

Jakarta,Info Banua.Pemerintah di harapkan untuk tahun 2018 masih tetap memberikan subsidi benih pada para petani,jangan di hentikan dulu pemberian benih pada petani karena ini akan menyulitkan petani,kata Anggota Komisi IV DPRRI di Gedung DPRRI,Senin (24/7/2017).

“Bantuan subsidi benih ini masih dibutuhkan,para petani masih mengharapkan ubsidi ini,karena kemampuan petani dalam membeli bibit non subsidi masih rendah, jika biasanya beli bibit Rp 11 ribu rupiah, dengan subsidi hanya dibeli dengan dua ribu lima ratus, tiba-tiba semua ini ditiadakan, tentu akan memberatkan petani.Subsidi benih ini juga menjadi penyangga terhadap desa mandiri benih”,katanya..

Jika pemerintah akan tetap menghapus subsidi benih terlebih dahulu mengupayakan kemandirian petani dalam menyiapkan benih secara mandiri,agar kebutuhan akan benih pertanian dapat terpenuhi dengan harga yang murah,jelasnya.

Langkah yang harus di persiapkan pemerintah terlebuh dahulu adalah mempersiapkan petani dan pusat pembubutan benih di pusat pusat pertanian untuk memenuhi kebutuhan benuh petani di seluruh daerah terutama yang menjadi pusat pertanian.

Saat ini petani memang sudah banyak yang memiliki kemampuan untuk membuat benih,ini harus di bina agar dapat menjadi produsen dan pusat pembenihan mandiri,tegasnya.

Selain itu pemerintah juga harus mengawasi standar mutu benih yang di hasilkan oleh petani pembenih mandiri.Untuk menjaga mutu pengawasan dan pembinaan para pembenih harus di lakukan,jadi belum tepat waktunya jika pemerintah melakukan penghentian pemberian subsidi benih di tahun 2018,masih panjang kesiapan yang harus di lakukan pemerintah untuk menyiapkan benih mandiri petani,agar saat di hentikan pemberian subsidi benih petani sudah mampu menyiapkan benihnya secara mandiri,pungkas Fadholi.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan