Ikasba Kalsel: Pancasila Filter dan Dasar Budaya

0
72 views

Ikatan Kekeluargaan Antar Suku Bangsa (Ikasba) Kalsel menggelar seminar kebudayaan dan kebangsaan indonesia, dengan tema ‘Menghayati Nilai-Nilai Kearifan Budaya Nusantara Untuk Membentuk Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Yang Damai.’
Seminar yang digelar di Gedung Mahligai Pancasila, Kamis (27/7) dibuka langsung oleh Ketua Ikasba Kalsel Gusti Satrya Dharma, dan dihadiri Kesbangpol Kalsel Taufik Sugiono, serta mengundang tokoh masyarakat, pemuda, LSM, dan mahasiswa ini berjalan lancar.
Ikasba memandang Pancasila adalah payung dan perisai dalam mengelola keberagaman demi mewujudkan dan menjaga perdamaian. Bagi kita di Kalsel, Pancasila adalah payung dan perisai bagi terciptanya perdamaian. Di Kalsel ada banyak kelompok suku dan bahasa, agama, dan masih banyak perbedaan, yang jika tidak dikelola dengan baik maka akan terjadi benturan, konflik dan permusuhan.

Untuk mengelola potensi konflik di Kalsel menjadi sesuatu yang positif, maka dibutuhkan Pancasila sebagai filter. Kita harus bersedia melepaskan ego dan emosi, lalu berpikir jernih bahwa Papua sangat beragam.
Acara seminar di pimpin moderator Kasmy Effendy, dengan narasumber Taufik Sugiono, Sirajul Huda HM menyampaikan makalah Pancasila Sebagai Filter Dan Dasar Budaya Indonesia,Dr Setia Bhakti menyampaikan makalah tentang keberagaman dan demokrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.