IWO Kalsel Akan Wujudkan Wartawan Siber yang Profesional

IWO Kalsel Akan Wujudkan Wartawan Siber yang Profesional

Perlahan tapi pasti, keberadaan Ikatan Wartawan Online (IWO) hadir di Kalsel, hal ini terlihat IWO Provinsi Kalimantan Selatan sudah merampungkan pembentukan pengurus inti IWO Kalsel periode 2017-2022. Ketua terpilih IWO Kalsel, Anang Fadhilah, mengatakan telah memprioritaskan sejumlah agenda kerja selama lima tahun ke depan.

Anang berjanji memperteguh profesionalisme dan kualitas wartawan media siber di Kalsel. Selain itu, ia akan menggencarkan sosialisasi keberadaan IWO sesuai visi dan misi organisasi demi memacu pembangunan daerah dan profesionalisme wartawan.

“Kami pasti keliling ke 13 kabupaten/kota. Saya dorong teman wartawan di kabupaten untuk membentuk IWO,” ujar Anang Fadilah, usai pemilihan ketua dan pembentukan pengurus IWO Kalsel, Rabu (9/8/2017).

Menurut dia, pembentukan IWO Kalsel sebagai rangkaian menyambut Musawarah Besar IWO pada 8-9 September 2017 di Jakarta. Setelah pembentukan beres, Anang meminta IWO Pusat segera menetapkan struktur pengurus IWO Kalsel. Ia berharap, Dewan Pers memverifikasi organisasi IWO setelah kepengurusan lengkap di sejumlah daerah.

“Selain PWI, AJI, dan IJTI, IWO bisa diakui oleh Dewan Pers. Saya ingin teman-teman di sini bisa mengelola media online yang baik dan benar, intinya mengajak, agar keberadaan media online semakin eksis dan berkontribusi bagi masyarakat,” kata Anang Fadhilah.

Anang mendata, ada 27 media online di Banjarmasin yang berbadan hukum dan diundang untuk memberikan hak suara. Namun, hanya 20 perwakilan media online bersedia hadir ketika pemilihan ketua dan struktur pengurus IWO Kalsel. Sebelum pemilihan, Ketua Panitia Rapat IWO Kalsel, Anang Fadhilah meminta peserta menuliskan kandidat calon ketua untuk kemudian dipilih secara voting.

Di atas selembar kertas, dua puluh peserta ini merekomendasikan tiga nama kandidat calon Ketua IWO Kalsel. Mereka terdiri atas Anang Fadhilah yang mengantongi 18 suara rekomendasi, Diananta P. Sumedi mendapat 1 suara rekomendasi, dan M. Firdaus mendapat 1 suara rekomendasi calon ketua. Melihat peta persaingan seperti itu, peserta sepakat mendapuk Anang Fadhilah secara aklamasi.

“Kita sepakati Pak Anang Fadhilah sebagai Ketua IWO Kalsel lima tahun ke depan,” demikian suara peserta rapat. Alhasil, awak media online pun satu suara memilih Anang Fadhilah sebagai Ketua IWO Kalsel 2017-2022.

“Kami minta humas pemerintah daerah dan instansi pemerintah harus mengundang media online saat ada kegiatan. Kita akan roadshow ke semua pemangku kepentingan,” ucap wartawan Barito Post itu.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply