Idhul Adha, Pemko Banjarbaru Siapkan 39 Sapi Kurban

0
45 views

 

BANJARBARU – Tanpa mewajibkan dan memaksa, pemko berhasil menggugah pegawai dan pejabatnya untuk menunaikan ibadah qurban. Hasilnya, 39 ekor sapi terkumpul untuk menyambut Idul Adha. 

“Kami sentil dan gugah ASN untuk menyisihkan sebagian penghasilannya agar bisa berqurban. Karena kalau mau jujur, masalahnya kita bukan tidak mampu untuk beribadah qurban, tapi memang tidak mau,” tegas Sekdako Banjarbaru Said Abdullah, kemarin (30/8). 

Ia merasa heran jika seorang ASN tak mampu menunaikan ibadah qurban. Apalagi yang eselonnya sudah terbilang tinggi. Menikmati gaji dan tunjangan yang cukup dari anggaran negara, ia meminta ASN tak membuat-buat alasan untuk tak berqurban. 

Ke 39 ekor sapi itu nantinya akan dibagi-bagi ke 20 kelurahan yang tersebar di lima kecamatan di Banjarbaru. Seremoni pemotongan dan pembagian daging kurban dipusatkan di Masjid Agung Almunawwarah, Jalan Trikora. 

Bandingkan misalnya dengan Idul Adha tahun lalu. Dimana tak ada seekor pun sapi yang didistribusikan pemko untuk masyarakat. “Saya belum puas. Target saya tahun depan setoran semua SKPD capai 100 ekor sapi. Dengan jumlah pegawai pemko sekarang, itu target realistis,” imbuhnya. 

Said bersedia berbagi rahasia keberhasilan mengumpulkan puluhan hewan kurban tersebut. Ada tiga pilihan yang ia tawarkan. ASN bisa langsung mendatangi bendahara tempat instansinya bekerja untuk pemotongan gaji per bulan. 

Jika tak merasa nyaman berterus-terang di tempat kerja, Said meminta ASN membeli celengan tanah liat seperti yang sering dipakai anak kecil. “Apa salahnya? Sisihkan Rp50 ribu setiap hari Jumat dan masukkan ke dalam celengan,” tukasnya. 

Dan tawaran ketiga, membeli sapi jauh-jauh hari. Lalu menyerahkan sapi itu untuk dirawat orang lain. “Kalau menunggu Idul Adha, harganya jelas mahal. Memikirkan ibadah kurban itu mestinya sejak bulan Muharram, jangan tunggu tiba bulan Dzulqaidah,” pungkasnya. 

Untuk membeli seekor sapi, cukup patungan dari tujuh orang ASN. Melihat jumlah karyawan dan karyawati pemko yang ribuan, tentu seratus ekor sapi bukanlah target yang berat. Asalkan disiapkan dan dikoordinir sejak jauh-jauh hari. 

Sebagai motivasi, nama-nama ASN pembeli sapi akan ditulis di badan hewan. Masing-masing juga kebagian satu kilogram daging untuk dibawa pulang. Fahmi .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.