Mantan Danjen Kopassus Muchdi PR Lantik Pengurus Hizbul Wathan Kalsel

0
89 views

Mantan Komandan Jenderal Kopassus yang saat ini dipercaya menjadi Ketua Umum Hizbul Wathan Muhdi PR, datang ke Kota Banjarmasin untuk melakukan pelantikan pengurus Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kalsel periode 2016-2021, di Aula Kampus Universita Muhammadiyah Banjarmasin, Sabtu (19/8/2017).

Kegiatan yang juga dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kalsel, Aji SH MH berjalan khidmat dan lancar.

Keberadaan Hizbul Wathan saat ini, bekerja dan mengerjakan hizbul wathan di kalsel merupakan organisasi yang cukup tua hampir 100 tahun dan bersinergi dengan kwartir pramuka yang ada di Kalsel. Gerakan kepanduan ini berkualitas, yang selalu dibutuhkan, dihormati dan dicintai oleh anak didik, orang tua, guru, dan masyarakat di Indonesia , khususnya umat Islam dan warga Muhammadiyah.

hizbul wathan juga akan segera mengadakan pelatihan Jaya Melati 1 dan Jaya Melati 2 untuk segera melaksanakan di daerah.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yang berasaskan Islam adalah sistem pendidikan di luar keluarga dan sekolah dasar untuk anak, remaja dan pemuda.kegiatan ini dilakukan dengan metode menarik dan menyenangkan ini bertujuan membentuk warga negara berguna dan mandiri.

Hizbul Wathan adalah Kepanduan Islami artinya dalam upaya menanamkan akidah islamiah dan membentuk aklak mulia kepada peserta didik dilakukan dengan metode Kepanduan. Hizbul Wathan harus mampu menciptakan kader-kader yang handal agar bisa menjadi pemimpin yang amanah.

Tempaan Hizbul Wathan sejak TK hingga dewasa hingga artinya menyentuh bagian terbesar. Pengurus yang baru diharapkan segera melaksanakan tugasnya sesuai rencana program kerja yang telah dibuat dan bisa dipertanggung jawabkan.

Selain itu dilihat juga sayang keluarga, sayang anak, sayang profesi dan sebagai pimpinan yang baik wajib bisa menyeimbangkan ketiga hal tersebut. Jadilah pengurus dan pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memberi contoh ketauladanan.dengan ketauladanan insyaallah para pemimpin dapat menjadi panutan bagi seluruh anggotanya.

Tajudin Noor SH MH Pimpinan Wilayah Hizbul Wathan mengatakan, perjuangan Hizbul Wathan harus tetap berlanjut, saat pelantikan merupakan amanah tanggung jawab yang berat dan harus dipertanggung jawabkan baik terhadap seluruh anggota Hizbul wathan maupun terhadap pimpinan Muhamadiyah dan lebih- leh kepada Allah SWT.

MISI Pandu HW
1.Membentuk kader Muhammadiyah yang handal dan berakhalak mulia
2.Membina remaja Muhammadiyah yang sehat jasmani dan rokhani
3.Meningkatkan sumber daya manusia yang kreatif, cerdas, trampil dan percaya diri sendiri

AKTUALISASI HW
1.Di luar lingkungan pendidikan keluarga dan sekolah
2.Pendalaman kehidupan beragama
3.Permainan yang menyenangkan
4.Ada unsur tantangan/ petualangan
5.Di alam terbuka
6.Kegiatan bersama anak-anak dan orang dewasa berjiwa muda
7.Ada keterbukaan dan kebebasan berpendapat dan berkreasi
8.Mengasah ketrampilan
9.Mengikuti perkembangan iptek
10.Kesediaan menolong sesama
11.Non politik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.