Telkomsel Menyatukan Indonesia

Telkomsel Menyatukan Indonesia

oleh IDA YUSNITA S.SOS *)

 

Sejak awal beroperasi 22 tahun yang lalu, kita patut bangga karena Telkomsel telah mampu menyatukan Indonesia melalui hadirnya layanan telekomunikasi di berbagai lokasi di Indonesia. Karena masyarakat bisa saling terhubung kapan pun dan di mana pun. Komitmen ini terus dikembangkan dan dijaga Telkomsel hingga saat ini, dengan konsisten membangun daerah-daerah pelosok agar tidak terisolasi dari sisi telekomunikas

Salah satu contoh, betapa jarak dana waktu begitu dekat dan nyata. Waktu itu saya memutuskan untuk menyebarkan url saya facebook. Namun, setelah saya memberikan url posting saya yang berjudul Pesona Banjarmasin ‘Kota Seribu Sungai’, eh ada yang mengkomentari di Facebook. Namanya Hera.
Entah darimana kita kenal, tapi yang jelas dia teman saya di Facebook. Dia berkomentar “Post apa itu?”
“Klik aja”jawabku.
“Oke”
Habis itu dia minta nomor HP ku. Dan ternyata dia juga memakai Telkomsel. Dan tahukah anda? ternyata dia adalah orang dari Papua. Sungguh saya tidak menduga. Bagaimana bisa Telkomsel menjangkau hingga kesana. It’s really amazing.
Dunia memang begitu sempit. hingga akhirnya kita dapat menyambung silaturahmu dengan harga yang terjangkau.

Telkomsel terus memenuhi janjinya untuk membangun jaringan telekomunikasi bahkan hinggga ke pelosok wilayah Indonesia. Misi yang diusung melalui Proyek Merah Putih itu sudah membangun 40 base transceiver station (BTS) untuk melengkapi 400 BTS yang ada.

Telkomsel yakin komunikasi merupakan alat yang paling efektif untuk mempersatukan Nusantara. Sejak awal beroperasi, Telkosmel memiliki visi untuk menyatukan Indonesia dengan layanan telekomunikasi agar masyarakat Indonesia bisa saling terhubung kapan pun dan di mana pun.

40 BTS Merah Putih yang akan digelar Telkomsel pada tahun ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia, terutama Indonesia bagian timur. 4 BTS berlokasi di Sumatera, 5 BTS di Nusa Tenggara Barat (NTB), 12 BTS di Nusa Tenggara Timur (NTT), 3 BTS di Sulawesi, 6 BTS di Maluku, dan 10 BTS di Papua.

Dengan tehnologi ini, diharapkan Telkomsel mampu melayani kebutuhan komunikasi sekitar 100.000 warga masyarakat di kawasan tersebut yang sebelumnya kesulitan mendapatkan layanan telekomunikasi.

Sebagai negara kepulauan sepanjang seperdelapan bentangan dunia dengan luas 1,9 juta kilometer persegi, Indonesia secara geografis memiliki tantangan tersendiri.

Untuk itu, seiring dengan upaya penggelaran jaringan yang umum dilakukan oleh operator seluler, Telkomsel juga terus melakukan inovasi dan integrasi teknologi dalam upaya menghadirkan solusi teknologi yang tepat untuk wilayah-wilayah yang selama ini kesulitan mendapatkan layanan telekomunikasi.

Teknologi yang diimplementasikan Telkomsel dalam proyek Merah Putih adalah teknologi seluler dengan rekayasa hasil karya anak bangsa dalam memanfaatkan teknologi antena Very Small Aperture Terminal-Internet Protocol (VSAT-IP) berbasis satelit ditambah dengan teknologi power supply yang menggunakan solar panel system.

Teknologi berkonsep remote solution system pertama di Indonesia bahkan di dunia ini menjadi solusi layanan komunikasi dan informasi yang cocok untuk diterapkan di daerah terpencil dengan infrastruktur yang sangat terbatas dan kondisi geografis yang sangat ekstrim sekalipun, seperti pedesaan dan wilayah terluar Indonesia, termasuk wilayah laut.

Dengan diimplementasikannya teknologi ini, pelanggan dapat menikmati layanan suara, SMS, dan data dengan kualitas yang memadai.

Dalam proyek Merah Putih yang sudah digelar sejak tahun 2008, Telkomsel telah menggelar solusi BTS Merah Putih di ratusan wilayah yang belum terakses telekomunikasi, mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Dalam perjalanannya, banyak solusi BTS Merah Putih yang pada akhirnya di-upgrade menjadi BTS reguler, bahkan menjadi BTS 3G untuk menyediakan kapasitas dan kualitas jaringan yang lebih baik.

Melalui proyek Merah Putih ini, Telkomsel mempertegas komitmen sebagai satu-satunya operator seluler yang secara terus-menerus membangun untuk melayani dan memajukan seluruh wilayah Indonesia yang selama ini kesulitan mendapatkan layanan telekomunikasi.

*) wartawan media online infobanua.co.id

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan