DPR Dorong Percepatan Sistem Pelaporan Kapal Online Dalam Proses Bongkar Muat Pelabuhan

0
50 views

Jakarta,Info Banua.Anggota Komisi V DPRRI Abdul Latief Hanafiah Dari Fraksi PKB Dapil Kalimantan Selatan II mengatakan penerapan layanan kapal dan barang secara online, Inaportnet sangat penting dilakukan dengan konsisten guna meningkatkan pelayanan kapal di pelabuhan agar dapat berjalan cepat, transparan, dan terstandar serta biaya yang minimal, katanya di Gedung Nusantara I Komplek Parlemen Jakarta,Rabu (4/10/2017).

Indonesia sebagai negara maritim dan pelabuhan laut sebagai pintu gerbang utama laut harus memiliki sistem pelayaran yang efisien, cepat dan akurat, dengan begitu dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia,” jelas Abdul Latief.

Penerapan Inaportnet ini merupakan bentuk kesungguhan dan komitmen Kementerian Perhubungan dalam mewujudkan sistem layanan kapal dan barang di pelabuhan yang andal dan terpercaya. Meskipun saat ini hanya ada beberapa pelabuhan yang telah menerapkan sistem tersebut, kedepannya seluruh pelabuhan di Indonesia harus menerapkan sistem online ini, tegas Abdul Latief.

Saat ini seluruh pelabuhan di negara tetangga kita telah menerapkan sistim pelayanan online, kita sebagai negara maritim terbesar sudah saatnya juga menerapkan sistim online ini. DPR mendorong percepatan sistem pelayanan online pelabuhan tersebut.

Penerapan Inaportnet di pelabuhan telah menjadi Quick Win Kementerian Perhubungan, yang telah diterapkan di beberapa pelabuhan di Indonesia. Ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 157 Tahun 2015 tentang Penerapan Inaportnet Untuk Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan, yang telah diubah dengan PM 192 Tahun 2015.

Seperti diketahui sebagian sistem pendukung pelaksanaan Inaportnet sudah berjalan. Beberapa diantaranya, Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), Sistem Kapal Online, Aplikasi Sertifikasi Pelaut, Sistem Informasi Kepelabuhanan, dan Sistem yang ada pada Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here