Pentingkah Banjarmasin Mencari Manajer Kota?

0
139 views

Kepedulian dari Subhan Syarief terhadap ‘kotanya’ dituangkan dalam karya buku setebal 160 halaman,layak menjadi referensi bagi pemangku kepentingan. Guna menata kota berjuluk kota seribu ini menjadi kota yang ntuk menata Kota Banjarmasin memasuki abad ke enam.

Subhan Syarief mengulasnya secara detail sebanyak 19 topik,yakni
1. Jika (Aku) Jadi Wali(Nya) Kota
2. Pentingkah Banjarmasin Mencari Manajer Kota?
3. Banjarmasin , Untuk Siapa?
4. Harmonisasi Belied Menata Kota
5. Bisakah Kota Banjarmasin Menjadi Kota Kreatif?
6. MampukahMimpi Memproduktifkan Kota Terwujud?
7. Pentingkah Memformat Banjarmasin Menuju Kota Metropolitan?
8. Mencari Manajer Kota
9. Mengemas Hutan Kota (Konsepsi Ringkas Menata Kota Banjarmasin Menuju “Green City”)
10. Menggagas Sudimampir Unggul, Mengapa Tidak?
11. Memformat Kawasan Ujung Murung Agar Tidak Terlihat Murung.
12. Kawasan Pasar Harum Manis, Bisakah Kembali Manis?
13. Memformat Pasar Blauran Sebagai Kawasan Kota Pusaka
14. Bisakah Kota Banjarmasin Berkembang Menjadi Kota Pusaka?
15. Sungai A.Yani Riwayatmu Dulu
16. Kembalikan Sungaiku
17. Revitalisasi Ataukah Devitalisasi Sungai?
18. Menjadi ‘Walikota Sungai’, Mampukah?
19. Rumah Lanting, Kisahmu Kini

Infobanua.co.id akan menyajikan intisari pemikiran dari almuni S2 ITS Surabaya yang kini dipercaya mengemban amanah Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Provinsi (LPJKP) Kalsel.

Berikut salah satu buah pemikirannya yang di ulas dengan judul “Pentingkah Banjarmasin Mencari Manajer Kota?”

Beberapa hari lalu tepatnya Rabu malam 1Oktober 2014 atau sepekan setelah Banjarmasin merayakan hari jadinya yang ke -488 tahun, di salah satu studio TVRI Kalsel digelar dialog secara live tentang Kota Banjarmasin. Bersama dengan project KotaKota dan Aliansi  Jurnalis Independen (AJI) persiapan Banjarmasin yang mencoba untuk mengusung tema yang menarik baik itu untuk di kritisi maupun didiskusikan.

Mengangkat isu Mencari Manager Kota yang momentumnya juga bertepatan dengan hampir berakhirnya jabatan politik Walikota Banjarmasin. Tentu sangat membangkitkan taste para peserta yang berhadir di acara tersebut.Tanpa terasa tahun ini kembali Kota Banjarmasin bertambah. Sekarang Banjarmasin telah berusia 488 tahun dan hampir mencapai usia yang ke-5 abadnya. Tentu dengan bertambahnya usia ini bisa diartikan Banjarmasin telah semakin sepuh ibukota Kalimantan Selatan ini telah semakin tua.

Kadang oleh sebagian  orang hal tersebut bisa diartikan bahwa dia telah rapuh menuju lumpuh sehingga dianggap sudah diganti kotamotel terbaru. Sisi lain ada juga berpandangan bahwa ketuaan atau kesepuhan sebuah kota justru sudah membuat kita menjadi semakin matang memiliki nilai khusus. Bahkan keeksotisan ataupun ciri khas kota tua pada dasarnya sangat uniksehingga banyak kota-kota di dunia yang karena pandai mengelola dan mengoptimalkan ketuaan kotanya ternyata menjadi kota yang unggul produktif bahkan kreatif dan menjadi kota wisata yang menghasilkan pendapatan tinggi bagi kota dan penghuninya.

Kota Banjarmasin semestinya bisa menjadi kota yang unggul dan mampu menjadi seperti kota-kota tua yang produktif dan kreatif. Apalagi dengan karakteristik kota yang dikelilingi bahkan dibelah oleh sungai-sungai baik sungai besar dan kecil tentu merupakan sebuah potensi ini merupakan ciri sebuah kota yang eksotik, unik dan berjati diri sehingga Banjarmasin sebagai kota 1000 sungai merupakan julukan yang teramat sangat tepat.

Lalu potensi lain yang juga pentin bagi Kota Banjarmasin adalah trademarknya sebagai kota dagang dan jasa yang dulu sangat terkenal seluruh Kalimantan dan Pulau Jawa. Bahkan kota Banjarmasin mempunyai pusat grosir yang mampu menjadi pionir dalam mengembangkan distribusi penyaluran barang dagangan dan Pulau Jawa dan pulau lainnya menuju kewilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur dan tentu termasuk juga keberbagai pelosok wilayah di Kalimatantan Selatan. (Bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.