Nilai Tukar Petani Kalsel Naik 0,49 Persen

Nilai Tukar Petani Kalsel Naik 0,49 Persen

Nilai Tukar Petani (NTP) di Kalimantan Selatan bulan Oktober 2017 tercatat 96,56 atau naik sebesar 0,49 persen dibanding nilai tukar petani pada bulan September 2017 yang tercatat sebesar 96,09.

Kepala Badan Pusat Statistik Kalsel Diah Utami di Kota Banjarbaru, Jumat, mengatakan kenaikkan NTP akibat indeks harga yang diterima petani naik dan indeks yang dibayar turun.

“Kenaikan disebabkan indeks yang diterima petani mengalami kenaikan sebesar 0,09 persen dibanding indeks yang dibayar petani yakni sebesar 0,40 persen,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika dilihat masing-masing subsektor maka tiga subsektor pertanian mengalami kenaikan dan dua subsektor pertanian lainnya mengalami penurunan nilai tukar.

Disebutkan, subsektor mengalami kenaikan adalah subsektor tanaman pangan naik 0,58 persen, subsektor perkebunan rakyat naik 1,56 persen dan subsektor perikanan naik 0,41 persen.

“Subsektor mengalami penurunan yakni subsektor hortikultura yang turun sebesar 0,46 persen dan subsektor peternakan yang mengalami penurunan sebesar 0,19 persen,” sebutnya.

Menurut dia, kenaikan subsektor tanaman pangan disebabkan naiknya indeks harga kelompok padi sebesar 0,27 persen, walaupun kelompok palawija turun 0,46 persen.

Kemudian, kenaikan subsektor tanaman perkebunan rakyat karena naiknya indeks harga yang diterima pada kelompok tanaman perkebunan rakyat sebesar 1,08 persen.

Kenaikan subsektor perikanan sebesar 0,41 persen karena kelompok budidaya naik 0,09 persen dan indeks kelompok perikanan tangkap yang turun sebesar 0,12 persen.

Sementara, penurunan subsektor hortikultura sebesar 0,46 persen karena turunnya indeks pada kelompok sayur-sayuran, buah-buahan dan kelompok tanaman obat.

Sedangkan penurunan subsektor peternakan sebesar 0,19 persen karena turunnya indeks harga kelompok ternak besar, kelompok unggas dan kelompok hasil ternak.

“Penurunan indeks harga kelompok ternak besar mencapai 0,49 persen, kelompok unggas turun 0,18 persen dan kelompok hasil ternak turun sebesar 0,74 persen,” katanya.

antara

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan