PT Pelindo III Banjarmasin Peduli Keselamatan dan Kesehatan, Operasikan Klinik K3 dan First AID Moderen

PT Pelindo III Banjarmasin Peduli Keselamatan dan Kesehatan, Operasikan Klinik K3 dan First AID Moderen

PT Pelindo III Kota Banjarmasin terus bergerak, memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua karyawannya. Salah satunya, ikut peduli kesehatan dengan membangun PT Pelindo Husada Citra Klinik PHC Banjarmasin. Klinik mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja.

Hal ini dikatakan GM Pelindo Recky Julius Uruilal,Selasa (7/11/2017), first Aid ini kita lengkapi di terminal TPKB ini fungsinya untuk bila pekerja-pekerja tadi berada di areal kerja pelabuhan. Terutama di areal TPKB peti kemas ini yang rawan sekali atas insiden atas K3 makanya kita siapkan ini.kesiapan ini di dalamnya ada kita siapkan dengan dokter yang bersetifikasi dengan hiperkes.

“Slain itu di ruangan klinik juga kita lengkapi dengan alat-alat K3 kelengkapan darurat yang memang standard nya kita lengkapi ini juga selain klinik yang kita siapkan first yang ada di terminal. Kita juga bekerjasama dengan rumah sakit yang besar di Kota Banjarmasin,” katanya.

Pelindo juga bulan nanti akan mempunyai klinik besar rencananya akan diresmikan di bulan depan lokasi di jalan Yos Sudarso. Pelindo sangat peduli apa namanya dengan K3 yang berada di areal kerja terminal terutama di pelabuhan Banjarmasin.

Sementara itu, Toto Helianto Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III mengatakan, peresmian klinik ini dalam rangka untuk mengantisipasi pekerja di pelabuhan termasuk operator yang akan bekerja itu nantinya harus melalui klinik K3 ini. “Jadi dia layak atau tidak untuk bekerja dan menghindari kecelakaan kerja. Jadi yang beresiko tinggi adalah operator, driver itu yang mulai RS, RTG, CC dan sopir truk itu harus melalui ini dulu supaya kita mencegah terjadinya kecelakaan kerja,” ujarnya.

Seandainya ada kecelakaan kerja itu cepat tertangani di sini karena first Aid atau Klinik K3 ini buka 24 jam karena kerja di pelabuhan juga 24 jam sehingga dokter nya yang kita tempat kan disini adalah dokter yang khusus untuk K3. Jadi dokter yang telah mendapat kan sertifikasi dari Disnaker Provinsi Hiperkes jadi dokter dari dokter umum kemudian mengambil lisensi Hiperkes.

“First Aid ini peralatannya juga sesui standar yang sudah ditentukan oleh Depnaker 15 Tahun 80 Jadi itu nanti standar nya ini kita bekerja sama dengan rumah sakit salah satu perusahaan Pelindo yaitu Pelindo Husada Citra (PHC) yang berpusat di Surabaya. Jadi kita ada ini nantu 1 Desember nanti kita akan buka di Yos Sudarso yang bisa BPJS seperti yang di Surabaya sudah menerima BPJS,” paparnya.

Di pelindo III, klinik ini sudah yang ketiga setelah Tanjung Perak, Semarang, Banjarmasin, Gresik, kelima Benoa. Secara bertahap pelabuhan itu harus ada first Aid nya dan klinik K3 itu persyaratannya jadi untuk menentukan lokasi ini juga diatur peraturan menteri No 15 Tahun 1980 untuk first Aid atau kesehatan kerja harus ada toiletnya, harus jalannya dekat, radius pekerjanya itu paling jauh 200 sampai 500 meter supaya itu bisa first Aid ini yang kita laksanakan di Banjarmasin ini sudah standar.

rel/ida

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan