Apdesi Jadi Wahana Pemberdayaan Masyarakat Desa

Apdesi Jadi Wahana Pemberdayaan Masyarakat Desa

Kotabaru – Keberadaan Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) diharapkan menjadi tempat bertukar pikiran dan bisa mengakomodir setiap aspirasi dan semangat kebersamaan.

Harapan Itu diucapkan Wakil Bupati Kotabaru H. Burhanuddin saat menutup Musyawarah Cabang (Muscab) I Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kotabaru, Jumat (17/11/ 2017) bertempat di gedung Mahligai Pemuda Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan.

Burhanuddin menambahkan, Apdesi merupakan salah satu organisasi atau berkumpulnya para kepala desa di suatu wilayah untuk saling bertukar pikiran dan menjadi tempat intropeksi diri bagi kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa masing-masing serta peraturan-peraturan yang berkaitan dengan keuangan desa.

“Bekerja secara berkelompok akan lebih mudah dari pada kita bergerak sendiri-sendiri. Cara berkelompok setiap desa se-kabupaten Kotabaru akan semakin maju dan berkembang. ,”kata Burhanuddin.

Dia berharap Apdesi menjadi satu kekuatan dalam visi yang selaras mengenai pemberdayaan masyarakat desa dan mampu menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Sementara itu Ketua Apdesi Provinsi Kalimantan Selatan H. Abdul Alif mengatakan Apdesi merupakan suatu organisasi yang sangat struktural dari provinsi, kabupaten/kota. Khusus di Kalimantan Selatan, ini merupakan pengurus Apdesi kelima yang sudah di kukuhkan dan dilantik, katanya.

Apdesi ini merupakan suatu organisasi yang sudah terbentuk sejak tahun 2005. Ini bertujuan untuk mengumpulkan seluruh kepala desa se-Indonesia dan juga sebagai kelompok dalam mendiskusikan berbagai hal, baik itu berupa masalah, masukan dan sebagainya. “Tujuannya untuk kemajuan desa masing-masing, ” tutur Abdul Alif.

Acara Muscab Apdesi I di hadiri Ketua Apdesi Provinsi, Forkopinda, dan BPMD serta seluruh camat dan kepala desa. (Ani)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan