Gerakan Pemuda Tani Kotabaru Siapkan 2,7 Ribu Hektare untuk Lahan Jagung

0
146 views

Petani muda kotabaru yang tergabung dalam pertanian ” Gerakan Pemuda Tani Indonesia ( Gempita) telah menyiapkan lahan tidur sebanyak 2.700 ha untuk ditanami jagung.

“Gempita Kotabaru telah menbuka lahan jagung 2.700 Ha yang tersebar di seluruh Kabupaten Kotabaru bulan November 2017 ini kita tanam serentak. Kementerian pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura kotabaru memberikan secara gratis bantuan bibit, pupuk dan bantuan pinjam alat mesin pertanian berupa traktor, ” kata Ketua Kordinator Daerah ( Korda) Gempita Kabupaten Kotabaru Agus Andriono SE, Rabu (15/11/2017).

Kegiatan pembelajaran pengembangan agribisnis gempita bersama sama Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura KOtabaru H. Gunawan dan seluruh kelompok Tani Gempita. Serta pemilik lahan Serma Mislikan bertempat di Desa Megasari Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

2.700 ribu hektar tersebut merupakan lahan tidur yang selama ini terlantar atau tidak dimanfaatkan sama sekali oleh petani maupun pemerintah daerah.

Pemanfaan lahan tidur merupakan suatu terobosan petani muda melalui gempita mendukung target kementan dan kami bersama pemuda akan terus bekerja dan berkomitmen untuk mensukseskan. Swasembada yang merupakan program kementan. ”

Ditambahkan Agus, Gempita membantu petani dalam mendapatkan bantuan pemerintah yakni mulai dari pengajuan calon petani calon lahan (CPCL) yang diusulkan dan pengawalan pendistribusian bantuan agar tepat sasaran dan juga mendapatkan market penjualan yang menguntungkan. ,” paparnya.

Kabid Tanam Pangan Optimis Gempita Kotabaru lebih optimal dan bekerja keras dalam membangun lahan tidur untuk menghasilkan jagung dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri bahkan ekspor. ,” harap Gunawan.

ani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here