Masyarakat Pulau Matasirih Suka Cita Lakukan Penukaran Uang Rupiah

Masyarakat Pulau Matasirih Suka Cita Lakukan Penukaran Uang Rupiah

Layanan penukaran uang rupiah yang dilakukan Bank Indonesia di Pulau Matasirih hari Rabu (29/11) mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat. Masyarakat antusias menukarkan uang rupiah yang lusuh, rusak, maupun uang yang dicabut dari peredaran. Layanan kas keliling yang berlokasi di desa Teluk Sungai ramai didatangi masyarakat sejak pagi sampai dengan siang.

Laki-laki maupun perempuan termasuk anak-anak berbondong-bondong dengan teratur menukarkan uang rupiah dan masyarakat sangat senang mendapatkan uang baru. Hal ini terlihat dari wajah gembira setelah mendapat uang baru’

Sementara itu tim BI Mengajar yang mendatangi SMP Negeri 2 Pulau Sembilan melakukan edukasi kebanksentralan dalam rangka mengenalkan Bank Indonesia kepada pelajar. Pelajar diberi penjelasan mengenai tugas pokok Bank Indonesia termasuk dalam mengedarkan uang rupiah keseluruh wilayah NKRI. Selain itu kepada pelajar juga diberikan cara-cara mengenali uang rupiah asli sehingga dapat mencegah peredaran uang palsu. Narasumber sosialisasi adalah Aldilla Wira Nugraha dan Fakhrur Rozi.

Sedangkan Personil Lanal Kotabaru, Kurnia Malik, memberikan edukasi kepada tokoh-tokoh masyarakat di Desa Teluk Sungai tentang perlunya menjaga Kelestarian Terumbu Karang dalam rangka mempercepat pertumbuhan ikan di laut. Nelayan juga diminta melaporkan kepada pos TNI AL jika ada kegiatan illegal Fishing yang dilakukan nelayan luar provinsi, penangkapan ikan dengan menggunakan bom atau racun. Bapak Kurnia Malik juga berpesan kepada sekretaris desa agar waspada dengan kedatangan kapal-kapal pesiar (Yacht) milik warga negara asing yang berlabuh di Pulau Matasirih. Sekretaris Desa Teluk Sungai, Petrus Kiakung, dan Sekdes Labuan Barat, Faridudin, diminta untuk proaktif melakukan kepada pos TNI AL dengan sarana telekomunikasi Radio SSB yang tersedia.

Dalam rangka membantu dan meningkatkan proses belajar mengajar di Sekolah-sekolah yang berada di Pulau Matasirih, Bank Indonesia memberikan bantuan sosial. Penyerahan bantuan dilakukan di SMP Negeri 2 Pulau Sembilan, Desa Teluk Sungai, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru oleh Kepala Tim Sistem Pembayaran Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Ocky Ganesia, kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Pulau Sembilan Abdul Latif serta guru dari SD Negeri Teluk Sungai Ibu Ratnawati dan SD Negeri Labuan Barat Ibu Reni Novikah.

Bantuan yang diberikan terdiri dari 1 Paket Buku Bacaan Perpustakaan dan 1 Paket Alat-alat Olahraga yaitu Bola Voli dan Net, Bola Kaki, Bola Takraw dan Net, Bola Futsal serta Bulu Tangkis (Raket dan Shuttle Cock). Bantuan ini merupakan komitmen Bank Indonesia dalam mendukung sektor pendidikan sekaligus simbol kepedulian Bank Indonesia bagi masyarakat.

Sekolah-sekolah yang berada di Pulau Matasirih yang mendapatkan bantuan pendidikan adalah SMP Negeri 2 Pulau Sembilan memiliki siswa sebanyak 66 orang dan guru sebanyak 8 orang, SD Negeri Teluk Sungai memiliki siswa sebanyak 134 orang dan guru sebanyak 12 orang serta SD Negeri Labuan Barat memiliki siswa sebanyak 64 orang dan guru sebanyak 11 orang.

Bantuan sosial Bank Indonesia juga diberikan dalam bentuk obat-obatan anti malaria yang diberikan kepasa 2 Desa yaitu Desa Teluk Sungai dan Desa Labuan Barat.

rel

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan