PWI Pusat dan PWI Kalsel Gelar Workshop “Jurnalis Menguak Fakta Dibalik Industri Kelapa Sawit”

0
51

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, mengadakan Workshop Jurnalistik. Acara tersebut bertempat di Hotel Swiss Bell Hotel Borneo Banjarmasin, Rabu (20/12), diikuti 50 wartawan dari wilayah. Kalimantan Selatan.

Kegiatan yang mengusung tema “Jurnalis Menguak Fakta Dibalik Industri Kelapa Sawit” merupakan wujud dari kepedulian PWI Pusat dan PWI Kalimantan Selatan sebagai upaya meningkatkan kompetisi dan profesionalisme wartawan. Selain itu, dengan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memberikan sarana untuk memperluas dan meningkatkan pengetahuan wartawan tentang fakta dibalik industri Kelapa sawit.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 diawali dengan pembukaan oleh Ketua PWI Kalimantan Selatan, Zainal Helmi. Selain itu, acara juga dihadiri oleh SKPD diantaranya Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Dinas Kehutanan, Badan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah IV Banjarbaru, Balitra, Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD), Forum PEMRED, APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) dan GAPKI ( Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia).

Workshop Jurnalistik ini menghadirkan tiga orang pembicara yang kompeten dibidangnya masing-masing. Pembicara pertama diisi Dr Ir Tungkot Sipayung, Founder dan Direktur Eksekutif PASPI (Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Intitute) memaparkan tentang Industri Minyak Sawit Indonesia dalam isu sosial, Ekonomi dan Lingkungan Global.

Adapun pembicara kedua diisi Muhammad Ihsan dari Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi, menyampaikan materi tentang Etika Jurnalistik dan Peran Media Dalam Pembangunan Daerah dan materi ketiga diisi Dr Ir Gusti Rusmayadi MSi Rektor Utama ULM, memaparkan materi tentang menguak fakta dibalik Industri Kelapa Sawit.

Beberapa, komentar dari peserta menyatakan bahwa acara seperti ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang Industri Kelapa Sawit dan juga meningkatkan kompetensi para peserta. Rel/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here