CSR Sebuku Group Mulai Dirasakan Rakyat

0
189 views

Kotabaru- Investor yang peduli terhadap warga sekitar perusahaan, perlu kita dukung keberadaannya. Penegasan itu disampaikan Ketua Forum Peduli Investasi Kabupaten Kotabaru H. Sahiduddin di hadapan sedikitnya 649 warga baru-baru ini.

Dari lima desa itu perusahaan pertambangan, Sebuku Group, telah memberikan bantuan sebahagian warga yang terdampak gusuran pembuatan jalan oleh PT. MSAM.

Keberadaan PT. Sebuku Group di Kabupaten Kotabaru wajib memperhatikan warga sekitar perusahaan melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) dan itu, telah dibuktikan dengan memberikan bantuan kepada sebagian warga yang tergusur pembukaan jalan oleh PT MSAM.

Keberadaan PT. Sebuku Group dan Silo Group di Kabupaten Kotabaru pulau laut untuk melakukan kegiatan penambangan. Sebagai konsekwensinya adalah senantiasa memberikan perhatian kepada warga sekitar. Dua perusahaan ini telah melakukannya.

“Kami selaku forum peduli investasi, tentu menginginkan berdirinya perusahaan pertambangan di wilayah ini dapat memberikan dampak positif terhadap warga sekitar, khususnya kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Bahkan negara ini, ” katanya.

Itu sebabnya kata Sahiduddin, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan kepada semua perusahaan yang berinvestasi di kabupaten Kotabaru, bukan hanya kepada Silo saja.
“Apakah mereka sudah menjalankan kewajiban sesuai hukum yang berlaku atau belum, “tandasnya.

Mantan anggota dewan tiga periode ini sempat menirukan perkataan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pulau laut Kabupaten Kotabaru merupakan kawasan pengembangan pertambangan dan perkebunan. Jadi apabila ada yang akan melakukan investasi perkebunan dan pertambangan di pulau laut ini, berarti tidak boleh melawan pemerintah atau melawan hukum.

“Karena itu siapa pun investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Kotabaru, sepanjang menjalankan dan mengikuti peraturan hukum yang berlaku, kita wajib dukung dan ikut mensukseskan itu, ” kata Saidudin.

Warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan tanahnya digusur dan dibuat jalan oleh PT MSAM joint PT. Inhutani, juga sampai sekarang belum ada biaya ganti rugi.

“Tanah saya di gusur dan dibuat jalan oleh PT. MSAM joint PT. Inhutani sampai sekarang tidak diganti rugi. Selain saya, banyak teman-teman saya di sini tidak di ganti rugi, padahal kami berkebun di sini. Mereka main gusur aja. Tetapi Alhamdullilah dengan keberadaan PT Silo ini, kami sangat terbantu,” tandasnya.

Sebuku Group kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan 649 paket sembako kepada sebagian warga yang terkena dampak pergusuran oleh perusahaan PT. MSAM.

Pembagian sembako dilaksanakan di lokasi Camp PT. Sebuku Group Sabtu kemaren dihadiri Kapolsek Pulau Laut Tengah. Danramil Pulau Laut Tengah. Perwakilan Kecamatan Pulau Laut Tengah. Segenap kepala Desa dari lima desa tersebut serta Lsm

President Director Perusahaan PT. Sebuku Group Mayjen TNI (Purn) Soenarko MD mengatakan, pemberian sembako itu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar, khususnya masyarakat sekitar Salino, Mekarpura, Sungup Kanan, Selaru dan Pantai Baru

“CSR ini tidak berhenti sampai disini, tetapi akan terus berlanjut dibidang bidang yang membutuhkan, ” tambah Soenarko MD

Dan Sebuku Group dan Silo Group juga menjalin kerjasama bidang pertambangan batubara dengan Puskopkar Dharma Putra Kostrad. Puskopkar Tribuana Kopassus dan Puskopkar Kodam VI Mulawarman

Sementara itu Abd Latif, perwakilan camat pulau laut tengah, mengatakan berterimakasih kepada Sebuku Group atau Silo Group yang telah banyak membantu masyarakat ekonomi lemah. Dia berharap kedepan ekonomi mereka berubah menjadi lebih baik lagi.

“Harapan kami, semua perusahaan selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar, termasuk bantuan dibidang pendidikan untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat.
Perlu diperhatikan juga guru pengajar serta mendorong kualitas pendidkan keahlian, terutama kepada mereka kurang memiliki pendidikan keahlian,” ujarnya.

ani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here