Tim Kas Keliling Bank Indonesia Dilepas Bupati Kotabaru

0
124 views

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar melepas keberangkatan tim ekspedisi pulau Sembilan Bank Indonesia di Pelabuhan Stagen Laut Kotabaru, selasa (28/11). Hadir dalam acara pelepasan Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut Joko Ardrianto, Komandan KRI Terapang 648 Abdul Rajab B. Ardiyanto, Dandim 1004 Silok, Kapolres Kotabaru dan General Manager Dermaga AKR Kotabaru Her Setiaji serta Perbankan Kotabaru dan sekitarnya.

Dalam amanatnya Bupati Kotabaru mengatakan bahwa Kabupaten Kotabaru memiliki 162 pulau besar dan kecil, baik pulau yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Kabupaten terluas di Provinsi Kalimantan Selatan ini terdiri kepulauan dan daratan di Pulau Kalimantan.

Kendala yang dihadapi oleh masyarakat di pulau-pulau terpencil adalah sarana transportasi, dan komunikasi yang belum menjangkau pulau-pulau tersebut. Terkait dengan transportasi, saat ini di layani oleh kapal perintis yaitu Sabuk Nusantara maupun Armada pelayaran rakyat.

Namun untuk mencapai Ibu Kota Kabupaten di Kotabaru memerlukan perjalanan yang panjang, mencapai hingga 13 sampai 14 jam. Oleh karena itu kedepan Pemkab Kotabaru merencanakan membangun pelabuhan ferry di Tanjung Seloka.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru juga sedang membangun armada ferry yang modern, jika ini terealisasi maka jarak tempuh dari Tanjung Seloka ke Pulau Marabatuan yaitu Kecamatan Pulau Sembilan yang saat ini memakan waktu 8 s/d 12 jam akan terpangkas menjadi 3 jam.

Bupati Kotabaru sangat mengharapkan agar kegiatan penukaran uang rupiah di Kecamatan Pulau Sembilan dapat terjadwal dengan teratur bukan hanya sekali setahun namun lebih sering dilakukan. Karena di kecamatan tersebut tidak terdapat kantor bank sehingga masyarakat sulit untuk menukarkan uang.

Saya juga minta kepada perbankan di Kotabaru untuk membuka kantor cabang di Kecamatan Pulau Sembilan khususnya Bank BPD Kalsel yang merupakan bank milik pemerintah daerah. Kehadiran bank akan dapat mempercepat pembangunan serta pemerataan pendapatan masyarakat.

Sedangkan Komandan Lanal Kotabaru sangat bangga dan memberikan yang apresiasi yang tinggi kepada Bank Indonesia yang telah bersedia melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan di pulau-pulau terpencil. Lanal Kotabaru siap mendukung kelancaran ekspedisi dengan memfasilitasi penggunaan KRI Terapang 648.

Dalam kesempatan ini Lanal Kotabaru juga mengikut sertakan 2 orang personil untuk ikut dalam tim ekspedisi dengan tugas melakukan edukasi- edukasi mengenai illegal fishing maupun kelestarian terumbu karang, dua materi ini akan diberikan kepada masyarakat di pulau-pulau tersebut serta kepada siswa sekolah yang didatangi

Sebagai catatan Bank Indonesia akan menggelar ekspedisi pulau Sembilan yang mengambil tema “Rupiah Untuk Kedaulatan NKRI”. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan penukaran uang rupiah di Pulau Matasirih, Pulau Maradapan dan Pulau Marabatuan.

Tim juga akan mengadakan kegiatan edukasi di sekolah melalui program BI Mengajar. Tidak ketinggalan Bank Indonesia juga akan memberikan bantuan sosial bidang pendidikan bagi sekolah dan bantuan sosial kesehatan.

rel/bikpwkalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.