Seorang Oknum Polri, TNI-AD dan Warga Sipil Rampok Uang Rp10 Miliar Direka Ulang

0
102 views

Kegiatan rekonstruksi aksi perampokan yang dilakukan oleh oknum anggota Polres Tabalong Brigadir Jumadi, yang melibatkan Yongki warga sipil serta oknum anggota TNI-AD Kopda Apung. Yang digelar di Lapangan 17 Mei Banjarmasin, Rabu (24/1/2018) jadi tontonan warga dijaga super ketat aparat.

Rekonstruksi yang dimulai pukul 15.00 wita memperagakan 60 adegan tersebut juga dihadiri Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Kalsel Kombes Pol Sofyan Hidayat, Wadir Reskrimum AKBP Himawan, juga dihadirkan saksi dari LBH, Manager Bank Mandiri, serta Kejaksaan Kalsel berjalan lancar tanpa hambatan. Meski diwarnai aksi ‘walk-out’ beberapa media, karena kesulitan mengambil momen reka ulang kejadian yang juga jadi tontonan warga masyarakat itu.

Jalannya rekonstruksi juga menghadirkan kedua tersangka, yang juga sekaligus saksi pada peristiwa perampokan uang tersebut yakni Teller Bank berinisial A dan Sopir Bank berinisial G yang berada dalam satu mobil dengan tersangka Brigadir Jumadi guna menjalani adegan dalam rekonstruksi tersebut. Adapun materi rekonstruksi dengan prarekonstruksi masih sama saja meski ada sejumlah tambahan adegan.

Adapun adegan yang dilakukan pada rekonstruksi ini, dilakukan sejak rekan Brigadir Jumadi yakni Yongki berpura-pura menumpang di mobil yang berisikan Brigadir Jumadi, Teller Bank berinisial Atika dan Sopir Bank berinisial Gugum. Dalam perjalanan menuju Bank Mandiri Cabang Tabalong, pelaku meminta mampir lebih dulu di Polsek Martapura dengan alasan mengambil sesuatu yang tertinggal.

Kemudian pelaku tiba-tiba menodongkan pistol saat mobil mengarah ke jalan yang agak sepi dan mengancam akan menembak jika korban Atika dan Gugum tidak menuruti perintahnya. Setelah mengendalikan situasi, Brigadir Jumadi dan rekannya menutup mata, mulut, tangan, serta kaki kedua korban menggunakan lakban.

Setelah berhasil melumpuhkan kedua korban, tersangka Brigadir Jumadi dan rekannya membawa hasil rampokannya menggunakan mobil minibus jenis Toyota Avanza hitam DA 1182 KE ketika melintasi Desa Malintang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

idayusnita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here