Disdukcapil Terapkan Layanan Online

0
2

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin tahun 2018 ini menerapkan layanan one stop service. Dimana loket layanan dibuka full Senin hingga Minggu. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Kota Banjarmasin yang ingin mengurus dokumen kependudukan seperti, pembuatan KTP-Elektronik, Kartu Keluarga, akte kelahiran, dan akte lainnya.

Hal ini dikatakan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin Khairul Saleh, Selasa (27/2). Jadi mulai Senin sampai Minggu, kita melayani masyarakat mulai bulan Pebruari ini, pelayanannya sistem off line. Artinya, tiap Sabtu dan Minggu juga dibuka pelayanan.

“Disdukcapil akan memberikan kesempatan kerpada warga yang sibuk bekerja, loket hari Sabtu dan Minggu disiapkan,” ujarnya.

Dikatakannya, Disdukcapil juga pertengahan tahun 2018 ini, akan menerapkan layanan berbasis online dan kita juga menerapkan layanan online yang bisa diunduh lewat seluler. Jadi masyarakat tinggal klik, langsung dapat akta.
Dalam layanana berbasis online tersebut, sudah ada menu pengisian formulirnya kemudian diteruskan ke petugas. Masyarakat yang memanfaatkan layanan online tinggal mengirimkannya lewat email, disini kita tinggal print out dokumen tadi.

“Pola layanan cepat sehari selesai sudah jadi komitmen kami di Disdukcapil ini, seperti layanan one stop service dalam bahasa artinya kurang lebih berataan tuntung digawi sehari atau bungas,” ucapnya.

Kemudahan lainnya, phaknya juga menerapkan tanda tangan dilimpahkan ke UPT di tiap kecamatan. Jadi ada pendelegasian tanda tangan kepala dinas. Jadi semua kecamatan bisa tanda tangan. Bila bisa tanda tangan, berarti sudah bisa datang berurusan sehari langsung jadi.ida/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here