Penguatan IPTEK Strategi Nasional Dalam Memenangkan Persaingan Global 

0
96 views

Banjarmasin,Info Banua.Perlu adanya langkah, prioritas, dan kebijakan yang strategis yang harus disusun oleh pemerintah terhadap peningkatan SDM dan penguasaan IPTEK,hal tersebut di tegaskan Anggota DPD RI Dapil Kalimantan Selatan M Sofwat Hadi, dalam kegiatan Dengar Pendapat Masyarakat bersama Pengurus dan Warga Yayasan Raden Adipati Danuradja Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (9/2/2018).

Menurut Sofwat Hadi visi dan misi pembangunan jangka panjang nasional 2005-2025 salah satu poin nya adalah menjadi bangsa yang maju yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkepribadian, berakhlak mulia pendidikan yang berkualitas tinggi sehingga bisa mewujudkan bangsa yang berdaya saing.

Diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Pemerintah dalam hal ini memiliki peran penting dalam penyelenggaran sistem pendidikan yang efektif dan efisien, berorientasikan pada penguasaan iptek, serta merata di seluruh pelosok tanah air, jelas Sofwat Hadi.

Menurutnya dalam menyiapkan generasi yang unggul, pendidikan tetap menjadi sebuah proritas yang harus dilakukan. Pendidikan bukan saja menjadi misi pemerataan saja, tetapi lebih jauh dari itu adalah sebuah peningkatan kualitas pendidikan, dimulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah sampai kepada memperluas akses masuk ke perguruan tinggi. Perguruan Tinggi perlu diperbanyak keberadaannya, terutama pada daerah perbatasan dan memberikan akses secara khusus kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berkemampuan akademik. Pendidikan diharapkan mampu menjadikan sumberdaya manusia yang memiliki jiwa dan pemikiran besar dalam pembangunan bangsa.

Kekuatan IPTEK suatu negara akan mendorong negara tersebut menjadi adidaya dengan kekuatan ekonomi yang berdaya saing tinggi. Daya saing negara bergantung dari kapasitas industri negara tersebut untuk terus berinovasi dan berkembang. Salah satu yang perlu juga di perhatikan adalah usaha kerjasama antar negara internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran strategis kemajuan IPTEK bagi pembangunan Negara kita, dirasa sangat perlu disusun sebuah tahapan, prioritas kebijakan dan strategi penguasaan IPTEK, tutur Sofwat Hadi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here