Bersinergi Dalam Program Satu Juta Rumah

0
42 views

Program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak dan juga membutuhkan dana yang sangat besar, karenanya di kedua sisi baik sisi penyediaan rumah dan pembiyaan perumahan menjadi concern pemerintah dan pemangku kepentingan untuk pemenuhannya.

Hal tersebut dikatakan, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, usai acara sosialisasi “Peran Pembiyaan Sekunder Perumahan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pembiayaan Kepemilikan Rumah di Kalsel,” Selasa (6/3) di Banjarmasin. Kegiatan sosialisasi digelar bekerjasama OJK Regional 9 Kalimantan, serta Asosiasi Perbankan Daerah (Asbanda) dihadiri Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kalsel Arifin Noor.

“PT Sarana Multiguna Finansial (Persero) atau SMF mengajak semua pemangku kepentingan bersinergi untuk membantu memperluas akses keterjangkauan kepemilikan rumah bagi masyarakat di Kalsel. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan kepada percepatan realisasi program satu juta rumah yang telah dicanangkan pemerintah,” ujarnya.

Ananta mengatakan, perlunya BPD lebih optimal pembiayaan dalam zona wilayahnya masing-masing, guna mendukung hal itu, SMF memberikan dukungan program peningkatan kapasitas penyaluran KPR untuk mendorong BPD yang belum menjalankan bisnis KPR. SMF memberikan likuiditas kepada BPD untuk memperbesar penyaluran KPR didaerahnya. SMF juga telah menunjukkan langkah sigapnya merespon makin tinggnya demand akan kebutuhan rumah layak huni.

Dikatakan Ananta, SMF telah bekerjasama dengan 27 bank BPD, Kementerian PUPR, Asbanda, serta Asosiasi Perbankan Syariah Indonesia (Asisbindo). Melalui kegiatan sekuritisasi dan penyaluran pinjaman, kata Ananta, SMF sejak awal berdiri tahun 2005 telah menyalurkan dana sampai 31 Desember 2017 sebesar Rp35,63 triliun. Yang terdiri dari pinjaman Rp27,47 triliun dan sekuritisasi Rp8,15 triliun.

“Seluruh dana telah digunakan untuk membiayai 846 ribu debitur KPR untuk 846 ribu rumah dari Aceh hingga Papua. SMF akan terus fokus memperkuat perannya sebagai fiscal tools melalui penguatan bisnis perseroan,” terangnya.ida/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.