Biaya Pengesahan STNK Tahunan Dihapus

0
114 views

Ditlantas Polda Kalsel dan jajaran Satlantas Polres telah menerapkan penghapusan Biaya pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan mulai Rabu (14/3/2018).

Merujuk pada surat Telegram Kapolri Nomor STR/111/III/HUK.3.2./2018 tanggal 13 Maret 2018 bahwa untuk biaya PNBP Pengesahan STNK Tahunan diberhentikan. Penghapusan biaya tersebut merupakan penerapan keputusan Mahkamah Agung (MA) yang telah membatalkan biaya administrasi STNK, yang diatur dalam lampiran No E Angka 1 dan 2 Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara.


Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E.Zulpan, SIK,MSi melalui Kasi STNK Kompol Henry Novika Chandra di Banjarmasin mengatakan kebijakan itu diterapkan setelah pihaknya menerima surat edaran dan tak ada lagi pungutan pengesahan biaya STNK di Kalsel

Penghapusan yang dilakukan adalah biaya pengesahan STNK tahunan. Biaya untuk pengesahan STNK tahunan itu sendiri sebesar Rp 25 ribu untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor dan Rp 50 ribu untuk mobil.

Namun, untuk biaya pengesahan STNK untuk lima tahunan atau penggantian plat nomor kendaraan tetap diberlakukan. Biaya untuk pengesahan lima tahunan untuk sepeda motor Rp 100 ribu, dan mobil Rp 200 ribu.

MA juga memandang, pengenaan tarif atas pengesahan STNK berpotensi menimbulkan pungutan ganda kepada masyarakat. Sebab, saat membayar pajak, masyarakat sudah dipungut pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

rel/hms

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.