Bripka Suparmin Tertangkap Di Palangkaraya

0
267 views

Akhirnya pertualangan Bripka Suparmin terhenti, Selasa (13/3/2018) sekitar jam 15.40 wita. Tersangka berhasil ditangkap oleh tim Polda Kalsel dan Polabes Banjarmasin, di Jalan A Yani Kelurahan Langkai Pahandut Palangkaraya Kalteng tanpa melakukan perlawanan.

Dalam konferensi pers, Rabu (14/3/2018), Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat menjelaskan, penangkapan Bripka Suparmin yakni tanggal 7 Maret diperoleh informasi tersangka akan lari ke Banjarbaru dan sembunyi di rumah Jalan Rambai Banjarbaru. Mendapat info tersebut tim langsung bergerak untuk melakukan penangkapan, namun belum belum membuahkan hasil. Selanjunya tanggal 11 Maret tim melakukan pemeriksaan terhadap teman-teman Suparmin yakni SAF, ABD, MAH, RAH dan M alias Melky

“Dalam penyelidikan kasus, ada mendapat fakta dan informasi seorang anak Melkym memberitahukan Bripka Suparmin datang kerumahnya di Jalan Purnasakti Barat. Untuk bertemu orang tuanya bernama Melky bermaksud meminjam uang. Katanya akan digunakan naik kapal laut untuk pergi ke Surabaya. Atas informasi ini, tim langsung mengejar dan melakukan penyelidikan ke Pelabuhan Trisakti. Akan tetapi faktanya tak ada Suparmin disana yang akan ke Surabaya,” jelas Kapolda.

Dijelaskan Kapolda Kalsel, dari hasil pengembangan tim, ada informasi bahwa Suparmin berada di Palangkaraya. Atas infomasi ini, tim langsung berkoordinasi dengan Kapolda Kalteng. Tim Polda Kalsel dan Poltabes Banjarmasin melakukan pengejaran ke Palangkaraya. Dan berhasil menangkap tersangka.

“Barang bukti yang berhasil disita dari tersangka yakni, dua sepeda motor, satu buah mobil Avanza, dua hp, dua cap stempel palsu, tiga buah pipet dan empat buah STNK, serta surat-surat milik tersangka,” ungkap Kapolda.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat memaparkan beberapa fakta yang dilakukan oleh oknum anggota Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Tengah Bripka Suparmin yang melepaskan tahanan kasus narkoba Ilham Sari sel tahanan. Yang akhirnya berhasil ditangkap di Palangkaraya Kalteng setelah menjadi buron selama 12 hari. Dalam penangkapan Bripka Suparmin tanpa melakukan perlawanan, tapi kedua kakinya jutsru luka, kaki kiri dipasangi gip tanda kaki entah luka atau patah dan kaki kanan diperban tanda ditembak.

“Motif Bripka Suparmin melepas tahanan narkoba, karena dijanjikan sejumlah materi berupa uang oleh Ilham Sari tersangka narkoba, tersangka ini adalah pengkhianat institusi dan jelas sanksinya adalah dipecat. Karena selain memalsukan dokumen, diduga kuat juga ikut jadi pengedar dan pemakai narkoba. Hal ini jelas merupakan pelanggaran berat,” ucap Kapolda yang terlihat geram dengan ulah tersangka.

Bahkan Kapolda Kalsel mengatakan, tersangka Bripka Suparmin ini adalah seorang bajingan karena ulahnya mencoreng lembaga tempat dia mengabdi. dari catatan yang ada ternyata sudah dua kali melakukan tindakan indisipliner, kasusnya terkait tes urine yang positif narkoba.

“Tim akan terus mencari keberadaan Ilham Sari, termasuk melakukan pengembangan penyelidikan lebih luas. ApaKah ada kemungkinan pihak lain yang menyuruh,” ucapnya.ida/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here