Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru Periksa Limbah Pabrik Sawit PT BSS Cemari Sungai Bekambit

0
220 views

KOTABARU -. Tim Gabungan Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru bersama Petugas Labaratium Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan di kawal pihak Unit Kriminal Kasus Polres Kotabaru. Kamis (1/3 ) melakukan penijauan langsung Proses pembuangan Limbah Pabrik pengolahan kelapa sawit PT. Bersama Sejahtera Sakti ( BSS ).

Hal ini dilakukan untuk menindak lanjuti pengaduan dari LSM Perkumpulan Laut Timur Bersatu, yang menyatakan bahwa proses tersebut tidak mengelola limbah industrinya dengan baik, terutama di perkebunan kelapa sawit Gunung Aru Kec. Pulau Laut Timur Kab. Kotabaru.
Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kotabaru yang menindak lanjuti langsung Noormawati Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan. Di dampingi Nasrullah Zam Zani, Kasi Penegakan Hukum Lingkungan, Noormila Fitriani Analisis Pengaduan Masyarakat, Suryadi Iskandar Analisis Hukum, dua petugas Lingkungan Tanah Bumbu Firman Hadinata dan Achmad Fachyudi dan anggota Polres Kotabaru.

Petugas gabungan bersama – sama melakukan peninjauan serta pengambilan sampel air di belakang pabrik perusahaan yang mengarah kesungai, tanpa melalui pengelolaan yang baik. Air yang diduga limbah tersebut berasal dari aktifitas pabrik.

Ketika tim datang kewilayah area pabrik di perkebunan kelapa sawit. Sempat berhenti sementara, namun tim tidak langsung meninjau kedalam pabrik, tetapi pengambilan sampel ditinjau diawali dari sungai.

Pengambilan sampel pertama dianak sungai, yang bertembusan dengan sungaibesar Desa Bekambit yang berwarna coklat agak kehitaman, pengambilan sampel kedua di pipa pembuangan belakang pabrik yang mengarah sungai dengan bau yang menyengat dengan warna tidak biasa.

Pengambilan sampel ketiga di sungai Bekambit kampung yang masih digunakan masyarakat untuk mencuci pakaian. Yang sudah jauh jaraknya dari perusahaan. Pada saat tim kemmbali mengarah ke pabrik PT BSS  sudah beraktifitas. Kemudian tim meminta meneger dan petugas bersama – sama meliat hasil pembungan air limbah pabrik dan disitulah ditemukan pembuangan air kesaluran pembuangan ( got ) atau pabrik Doni Alamsyah menjawab tidak adanya izinnya, beredar dengan pembuang limbah lainnya, yang memenuhi prosedur ke kolam treatment.

Akhirnya petugas pun melakukan pengambilan Sampel air ke Empat yang saat itu mengalir ke luar Pagar Pabrik yang mengarah ke badan air.

Pewarta : M. As’at

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here