Membayar Pajak Lewat e-biling, Tapi Lapornya e-filing

0
42 views

Sampai dengan tanggal 20 Maret 2018, jumlah wajib pajak yang telah menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filing di wilayah Kalsel-teng sebanyak 71.471. Diharapkan wajib pajak segera untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh sebelum 31 Maret untuk wajib pajak orang pribadi dan sebelum 30 April untuk wajib pajak badan.

Kegiatan yang dilakukan serentak di Indonesia ini, Kanwil DJP Kalsel-teng kampanyekan SPT Tahunan PPh bisa dilakukan secara online. Pajak, membayarnya cukup lewat e-biling, tapi lapornya e-filing.

“Sebanyak 5 juta yang sudah melakukan pengisian SPT per tanggal hingga tgl 17 Maret 2018. Jadi tampaknya SPT sudah bisa mencapai 100 persen dan target wajib pajak mencapai 112 persen e-filing. “E-filing sendiri salah satu indikator bahwa SPT sudah masuk. Jadi jika sudah masuk, maka semakin memudahkan pemantauan oleh petugas,” ujar Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wilayah Kalsel-teng Imam Arifin, kemarin.

Dikatakan Imam, saat ini pengisian SPT bisa dilakukan lewat electronic filing (e-filing) jadi masyarakat tak perlu berbondong-bondong ke kantor pajak. Bisa lewat komputer di rumah mengisinya, dimana layanan dibuka sampai dengan hari Sabtu.

Menurut Imam, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah mencatat, optimis target penerimaan pajak sebesar Rp14 triliun pada tahun 2018 bisa tercapai, bahkan bisa terlampaui. Hal ini berdasarkan kesadaran masyarakat membayar pajak semakin tinggi.

“Tahun 2017 realisasi penerimaan pajak mampu membukukan angka sebesar Rp11,6 triliun. Sementara untuk pajak perorangan atau pribadi hitung-hitungan sekitar 20 persen dari jumlah total pemasukan realisasi penerimaan pajak yang sudah masuk,” ungkap Imam. rel/ida

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here