MOU Kepala Desa Antar Kejari Tanbu Menuju Transparansi Dana Desa

0
3

BATULICIN – Ratusan kepala desa se Kabupaten Tanah Bumbu (Kab.Tanbu) melakukan kesepakatan bersama(MOU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanbu terkait penanganan permasalahan hukum perdata dan Tata usaha negara.

MOU itu ditandai dengan penandatangan secara simbolis antar perwakilan Kepala Desa oleh Kepala Kejari Tanbu Tjakra Suyana Eka Putera. Kemudian disaksikan Wabup Tanbu H.Sudian Noor serta Camat Se Kab.Tanbu dihalaman kantor Kejari Jumat (16/03/18).

Wakil Bupati Tanah Bumbu H.Sudian Noor mengatakan. Kerjasama ini dimaksudkan sebagai langkah strategis upaya memperkuat pengawasan dana desa secara efesien dan Efektif.

“Melalui MOU ini kita harapkan tidak ada terjadi penyimpangan dana desa kerena antara Kepala Desa dan Kejari sama sama punya kesepahaman dalam mengawal pemerintahan dan pembangunan menuju penggunaan anggaran yang lebih transparan,” ujar Wabup.

Dia menambahkan, upaya menghindari penyimpangan itu, terlebih dahulu di koordinasikan terkait penggunaan anggaran yang bersandar pada aturan.

Menurutnya, berbagai aturan didalam nya harus dipahami, hal ini sangatlah penting sebagai upaya mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dalam penggunaan dana desa.

“Kita tentu mengutamakan tindakan pencegahan, pada prinsipnya mencegah masalah itu lebih baik dari pada kita berupaya mengatasi masalah, sementara masalah itu sudah menimpa,”pungkasnya.

Sebelumya Kepala Kejari Tanbu Tjakra Suyana Eka Putera menyampaikan. MOU ini adalah yang pertama di indoensia.

Kejari berharap setelah dilakukannya MOU dengan Kejaksaan melalui bidang Perdata dan Tata usaha negara ini para Kepala Desa bebas melakukan koordinasi dengan pihak Kejari.

“Koordinasi itu tanpa terpaku pada anggran kepala desa saja.namun bisa pula dengan masalah lain.misalnya adanya permasalahan tanah di warganya.

Disisi lain setelah MOU ini, pihaknya sudah menjadi bagian mitra kepala desa atau father dalam bekerja.

“Maka antara kami dan bapak tidak ada lagi pembatas. misalnya kami kejaksaan sementara bapak adalah kepala desa, maka setelah MOU ini kita adalah fatner dalam bekerja,”sebutnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here