Pembuatan SPPFBT Di Sosialisasikan

0
4

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Bagian Hukum Setda Tanbu melakukan sosialisasi pembuatan Surat Pernyataan Penguasaan Fisik Bidang Tanah (SPPFBT) di Aula Kecamatan Kusan Hulu jum’at (02/03).

Kegiatan dihadiri sejumlah anggota Musyawarah pimpinan Kecamatan (Muspika) serta sejumlah aparatur Desa setempat.

Kabag Hukum Setda Tanbu Ikhsan Budiman mengatakan. Sosilisasi ini dilakukan sekaligus menjadi wadah penampungan kritik dan saran dari seluruh aparatur desa terkait permasalahan bak tekhnis maupun non tekhnis.

Tujuan utamanya ungkap dia, saran tersebut kedepannya akan menyeragamkan dalam pembuatan SPPFBT seluruh Desa dan kelurahan se Kabupaten Tanah Bumbu.

“Mengingat kurang tertibnya administrasi dalam pembuatan SPPBT serta banyaknya tumpang tindih kepemilikan tanah adalah melatarbelakangi terbentuknya Perda ini,”ungkap Ihsan.

Dia menambahkan, secara teknis pembuatan SPPFBT sudah diatur pada PERBUB Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Registrasi Surat Pernyataan Penguasaan Fisik Bidang Tanah.

“Dalam perbub ini dilampirkan juga teknis maupun format permohonan SPPFBT, diantaranya format Pelepasan Hak, Pernyataan Asal Penguasaan Tanah, Surat Penyataan Saksi-Saksi, Data Pembuatan SPPFBT, Berita Acara Pengukuran, Surat Pernyataan Pemasangan Patok, surat Pengumuman dan format SPPFB,” terangnya.

“Melalui Sosialsiasi ini akan menemukan berbagai solusi terakit batas tanah di desa, dengan harapan jika pihak yang tanahnya terbentur dengan masuk kawasan hutan, HPL, APL, HGU agar bisa berkoordinasi dengan SKPD terkait, yaitu Bagian Tata Pemerintahan untuk meminta kejelasan batas desanya” terangnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here