Berpegang Teguh Pada Falsafah Negara Jadikan Indonesia Negara Maju Yang Berkarakter

0
140 views

Martapura,Info Banua.Sistem Demokrasi pancasila merupakan sebuah gagasan Ideologi yang menjadi dasar terbentuknya Republik ini,hal tersebut di kemukakan Anghota MPR RI Antung Fatmawati di hadapan peserta Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Madrasah Aliyah Sultan Sulaiman Martapura, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dibangun dengan semangat juang dan darah para pahlawan sudah sepantasnya kita pertahankan dan kita isi kemerdekaan ini dengan hal – hal yang positif.

“Jadikan negara ini sebagai negara yang maju dan dipandang oleh masyarakat Internasional,dengan tetap memegang teguh nilai nilai kepribadian Bangsa yang terkandung dalam dasar negara,”tegas Antung Fatmawati.

Sebagai falsafah negara, Pancasila merupakan pengembangan dasar dan pelaksanaan demokrasi yang sedang kita jalankan bersama – sama di negeri ini. Pada dasarnya demokrasi pancasila merupakan media bagi bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan daripada negara itu sendiri. Sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke IV, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,jelasnya.

Sifat bangsa Indonesia yang majemuk membuat bangsa ini menjadikan ciri khas tersendiri. Karena perbedaan maka sifat ke Bhinekaan melekat pada jati diri bangsa. Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda – beda tapi tetap satu, merupakan rangkuman dari lima sila yang ada dalam pancasila yang di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia menjadi sorotan penting dalam implementasi ke Bhinekaan. Terutama pada masa sekarang yang mana sedang marak isu perpecahan antar golongan. Hal ini sudah sewajarnya menjadi perhatian khusus terutama para pembesar – pembesar negeri ini. Persatuan merupaka pondasi utama demi terselenggaranya Negara Kesatuan yang damai, aman , dan tentram,pungkas Antung Fatmawati di hadapan peserta Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here