Cegah Skimming, ATM Bank Kalsel Gunakan Kartu Chip

0
245 views

Mengantisipasi pembobolan ATM yang dikenal dengan istilah skimming–tindakan pencurian informasi lewat kartu ATM baik debit ataupun kartu kredit, dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada magnetic stripe kartu tersebut secara ilegal.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Bank Kalsel dalam menghindari kejadian penyalahgunaan penggunaan kartu ATM terhadap nasabah yaitu, melakukan pergantian kartu ATM yang menggunakan Magnetic Stripe menjadi kartu ATM yang menggunakan CHIP,” kata Pemimpin Bidang Sekretaris Bank Kalsel Izhar pada siaran persnya, Kamis (5/4/2018).

 Menurut Izhar, melakukan pemeriksaan rutin ke seluruh mesin – mesin ATM untuk memastikan tidak ada alat / barang / benda yang dipasang oleh orang yang tidak bertanggung jawab / berniat terhadap pengguna ATM.

“Melakukan himbauan kepada nasabah untuk tidak memberikan atau menginformasikan PIN kepada pihak manapun termasuk kepada petugas bank termasuk informasi 3 digit dibelakang kartu,” katanya.

Bank Kalsel menghimbau nasabah untuk menjaga keamanan dan kelancaran dalam penggunaan layanan ATM  Memonitor secara berkala dengan aplikasi bantu berbasis web untuk mendeteksi mesin ATM yang bermasalah. Bank Kalsel saat ini melaksanakan peregantian kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM yang menggunakan chip.

Dimana saat ini, sudah diselesaikan sebanyak 20 persen, dari atrget 30 persen tahun 2018.

Bank Kalsel memberikan beberapa tips terhindar skimming, yakni, nasabah jangan menggunakan mesin ATM di tempat yang sepi dan yang tidak ada pengawasannya seperti kamera CCTV. Memastikan pada slot tempat memasukkan kartu tersebut tidak ada perangkat tambahan atau perangkat yang mencurigakan.

Tidak memberitahukan PIN kepada pihak manapun termasuk kepada petugas bank sendiri dengan alasan apapun. Melakukan pergantian kartu (debit ataupun kartu kredit) dari kartu Magnetic Stripe menjadi kartu yang menggunakan CHIP melalui bank pemberi kartu.

Aktivasi mobile / mbanking guna mengetahui secara berkala posisi debet / kredit pada rekeningnya.Menghubungi call center ketika ada permasalahan dalam penggunaan kartu atau ada hal yang mencurigakan di mesin ATM.

Rel/hms

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.