Pelindo Banjarmsin Simulasi Tanggap Darurat Bersama Stakeholder

0
40 views

PT Pelindo III Cabang Banjarmasin bersama stake holder HSE Kalsel, Drill, dan Adaro dengan instruktur Wahyu Amin dan Profesional Rescue Adaro Saptaindra Sejati melakukan kegiatan simulasi tanggap darurat. Kegiatan ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan saat lonjakan penumpang maupun barang pada momen Ramadhan dan lebaran,

Kegiatan simulasi tanggap darurat yang di ikuti puluhan pegawai Pelindo dan stakeholders terkait sendiri dilaksanakan, Kamis (26/4) di Pelabuhan Penumpang Trisakti Banjarmasin.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan mampu mengingatkan kembali bagaimana tata cara melakukan penyelamatan secara benar dan tepat waktu. Itu supaya kita bisa memastikan korban yang ditolong bisa selamat,” tegas General Manager PT Pelindo III Cabang Banjarmasin Ricky Julius Urailal.

Dalam kegiatan tanggap darurat yang digelar ada kurang lebih dua simulasi yang dilakukan, pertama teknik penyelamatan korban yang tenggelam hingga pemadaman api di sebuah kapal.

“Kita sebenarnya rutin menggelar kegiatan simulasi semacam ini dengan tema yang beragam. Tujuannya agar Pelindo bisa lebih tanggap saat terjadi sebuah hal yang tidak diinginkan di areal pelabuhan,” ungkapnya.

Selain rutin menggelar kegiatan simulasi, Pelindo pun terus menyempurnakan infrastruktur pendukung untuk menekan angka kecelakaan kerja di areal Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Baik melalui penambahan alat keselamatan yang lebih standart hingga membangun Klinik First Aid.

“di Klinik First Aid yang kita bangun ditengah-tengah lahan penumpukan peti kemas sudah dilengkapi dengan dokter dan peralatan yang standart. Tujuannya agar disana bisa melakukan penanganan darurat terlebih dahulu sebelum dirujuk ke rumah sakit terdekat,” katanya.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan simulasi tanggap darurat Wahyu Fitriadi mengaku cukup terbantu dengan adanya kegiatan semacam ini. Dirinya pun mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berharga agar bisa ikut melakukan penyelamataan secara baik dan benar jika nantinya diperlukan.

“Bagi kita yang bekerja dilingkungan Pelabuhan Triskati Banjarmasin tentunya simulasi semacam ini sangatlah bermanfaat. Karena dengan tingginya resiko dan insensitas pekerjaan, resiko terjadi kecelakaan kerja disini cukup besar,” imbuhnya.

rel/ida

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.