Sofwat Gelar Sosialisasi 4 Pilar Bersama HMI

0
2

Banjarmasin,Info Banua.Anggota MPR RI Mohammad Sofwat Hadi bersama Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kalimantan Selatan. Menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Banjarmasin,Kamis (26/4/2018).

Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara. UUD Negara RI 1945 sebagai Konstitusi Negara. Serta Ketetapan MPR lainnya. Negara Kesatuan sebagai bentuk Negara. Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Sebagai generasi muda yang berintelektual Islami, para Anggota HMI di harapkan oleh bangsa ini sebagai garda terdepan dalam mempertahankan dasar dan ideologi bangsa, di tengah deras arus globalisasi dan informasi dari luar yang merongrong ideologi dan keutuhan Bangsa ini.

Sebagai Anggota MPR memiliki kewajiban untuk menggelorakan ideologi kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk para pemuda dan mahasiswa.

Mohammad Sofwat Hadi mengatakan Isi dari Pilar pertama dari empat pilar adalah Pancasila bahwa wilayah Bangsa Indonesia adalah Negara yang besar, yang membentang dari Sabang sampai ke Merauke, terdiri dari berbagai suku Bangsa yng memiliki beraneka Adat dan Budaya serta memeluk berbagai Agama dan Keyakinan. Dengan Pancasila maka keutuhan dan persatuan bangsa kita dapat dipertahankan.

Pilar kedua Undang-Undang Dasar 1945 yang mana di perlukan memahami lebih dulu makna undang-undang dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945.

Pilar ketiga Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Carl J. Friedrich merupakan bentuk pembagian kekuasaan secara teritorial atau lokal division of power.

Pilar keempat Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan kemudian di jadikan prinsip dalam kehidupan pemerintah guna mengantisipasi adanya keaneka ragaman petunjuk yang dipeluk tetap satu dalam pengabdian, “paparnya.

Dengan adanya empat pilar tersebut akan memberikan kedamaian bagi kita semua sebagai umat Beragama dan dari berbagai Suku serta Adat Istiadat yang beraneka ragam.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here