Kemenkumham Kalsel Menggalakkan Pelatihan Kemandirian Kepada WBP

0
41 views

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Ferdinand Siagian, bertepatan hari pertama puasa, Kamis (17/05) kemarin, tidak berselang lama setelah selesai memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang di gelar di halaman Kanwil, langsung mengadakan kunjungan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi dalam rangka memantau kegiatan program pelatihan kemandirian kepada WBP berkerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Selatan yaitu pelatihan pembuatan meubel dari aluminium dan kayu di Lembaga Pemasyaraakatan Khusus Narkotika (LPKN) Kelas I Karang Intan.

Dalam kunjungan Kepala Kanwil, Ferdinand Siagian di LPKN Karang Intan yang diterima langsung oleh Kalapas, Supari berkesempatan memantau setiap blok hunian Warga Binaan Pemasyaraakatan (WBP), dan meninjau ruang Bimbingan Kerja Lapas Karang Intan yang sedang diadakan kegiatan pelatihan pembuatan meubel dari aluminium dan kayu dari BLK Provinsi Kalimantan Selatan yang bekerjasama dengan LPKN dalam program pelatihan kemandirian kepada WBP.

“Kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan, ini merupakan kegiatan positif, apalagi berkerjasama dengan BLK Provinsi, kegiatan ini harus terus digalakkan, karena kita mengayomi, dan membina mereka, ini merupakan salah satu cara agar ketika kembali ke masyarakat nanti, mereka sudah siap dengan membawa bekal positif yaitu keterampilan yang mereka dapat di dalam Lapas”. Ungkapnya.

Melihat keindahan dan kebersihan LPKN Karang Intan, Kakanwil mengharapkan ini bisa dijadikan contoh oleh Lapas dan Rutan yang ada di Kalsel sehingga bisa merubah pandangan masyarakat bahwa Lapas dan Rutan bukanlah sebuah penjara tetapi lebih kewadah pembinaan.

Sementara itu kunjungan Kepala Kanwil, Ferdinand Siagian pada Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin (Kanim Banjarmasin) untuk memantau proses mekanisme layanan pembuatan paspor kepada masyarakat, agar Kanim Banjarmasin terus memberikan pelayanan terbaik.
Selain itu Kakanwil juga meninjau sarana dan prasarana di Kanim Banjarmasin dengan didampingi Kepala Kanim, Syahrifullah beserta jajarannya.

rel/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here