Kodim 1005 Marabahan Lakukan Penyemprotan Cegah Hama Tungro Padi di Anjir Batola

0
51 views

Marabahan –Kodim 1005 Marabahan ikut terlibat langsung membantu program penyemprotan racun pestisida yang mengganggu tanaman padi milik warga di Desa Handil Ikis Ds Anjir Muara Kota Tengah Kec Anjir Muara Kab Batola.

Program penyemprotan racun pestisida secara simbolis tanaman padi milik Poktan “Mufakat Bersama dan Mufakat Bersama 1 ” seluas sekitar 1 Ha dengan tujuan mencegah penyakit /hama tanaman padi jenis tungro, wereng hijau, wereng coklat dan ulat penggerek batang, Untuk mengantisipasi awal bila dikemudian hari penyakit tanaman padi datang dan memulai penyemprotan pestisida oleh para petani.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, mantri tani Anjir Muara, seluruh PPL Anjir Muara, Kasidal BPTPH Kalsel, staf laboratorium Sungai Tabuk, Danramil 1005-08/Anjir Muara, 5 orang Babinsa, staf Kecamatan Anjir Muara, staf Distan Pemkab Batola, petani sekitar 60 orang.

Sedangkan inti dari sambutan Kasidal BPTPH adalah lebih baik mencegah timbulnya hama tanaman padi daripada memberantas hama tanaman padi.

Dari kegiatan diatas didapat informasi, racun yang digunakan untuk menyemprot tanaman padi adalah pestisida Panser. Untuk mencegah ulat penggerek batang dan pestisida Dipho untuk mencegah wereng, dengan perbandingan 1 botol ( isi 500 ML ) untuk 150 L air.

Hama padi yang paling berbahaya adalah tungro karena merusak jaringan tanaman. Hama tungro berasal dari tanah dan disebarkan oleh wereng hijau. Setelah penyemprotan tanaman padi dengan racun pestisida secara simbolis hari ini, kedepan para petani akan melaksanakan penyemprotan secara mandiri dengan menggunakan racun pestisida yang telah dibagikan oleh BPTPH Pemprov Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here