Naik Tipe A, Personel Polda Kalsel Ditingkatkan Menjadi 20 Ribu

0
111 views

Waka Polri Komjen Pol Syafruddin membacakan surat keputusan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Nomor Kep/675/V/2018 bertarikh 21 Mei 2018 tentang Peningkatan Tipe Polda Kalimantan Selatan dari tipe B menjadi tipe A. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sepakat atas kenaikan status tipe Polda Kalsel dari B menjadi A.

Atas putusan ini Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan resmi berstatus Tipe A. Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Syafruddin mengukuhkan kenaikan tipologi tersebut di lapangan Mako Brimob Polda Kalsel, Kota Banjarbaru, Kamis sore (24/5).

Komjen Syafruddin mengatakan peningkatan tipe mesti diikuti kenaikan kinerja aparat yang mengedepankan profesionalitas. Dengan demikian, ia berharap situasi kamtibmas semakin kondusif dan menunjang pembangunan di daerah. Syafruddin memastikan ada penambahan personel baru di wilayah hukum Polda Kalsel.

“Secara bertahap hingga lima tahun kedepan, Polda Kalsel memiliki jumlah prsonel ideal antara 18-20 ribu personel ideal untuk Polda tipe A,” katanya.

Menurut Waka Polri, selain tambahan personel, pemerintah pusat menambah fasilitas dan anggaran operasional Polda Kalsel. Pangkat Kepala Polda Kalsel, Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana juga segera dinaikkan menjadi bintang dua.

“Ternasuk jabatan Polda Kalsel juga harus bintang dua, Insya Allah, besok pagi, sekembalinya kami di Jakarta langsung kami usulkan segera diparaf dan diteken, menjadi bintang dua,” katanya.

Syafruddin mengatakan, peningkatan tipe Polda Kalsel sudah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan, untuk memastikan terpenuhi kriteria dan persyaratan. Indikatornya mengacu perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan kamtibmas serta kecenderungannya, kesiapan jumlah personel, dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah.

Kata Syafruddin, peningkatan tipologi polda juga membawa konsekuensi penambahan personel secara kuantitas. “Hal ini hendaknya turut diiringi peningkatan kualitas sumber daya Polri. Yang paling utama, Polri harus makin profesional,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.