PKK Kalsel Siap Membantu Tekan Angka Gizi Buruk dan Stunting yanng Masih Tinggi

0
80 views

Ketua PKK Kalsel Raudhatul Jannah mengatakan, semua pihak mesti terlibat untuk mengatasi persoalan gizi buruk dan stunting di Kalsel. Karena gizi buruk dan stunting merupakan ancaman jika tak ditangani serius, karena menyangkut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami berharap penanganan stunting dan gizi buruk dilakukan secara serius, bila perlu ada pendampingan kepada keluarga terdampak gizi buruk. Dimana tenaga pendamping ini bisa memaksimalkan programnya. PKK Kalsel siap menggerakkan anggotanya untuk membantu,” katanya usai menjadi nara sumber workshop gizi buruk di Banjarmasin, Jumat (3/5/2018).

Kegiatan workshop diadakan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel bekerjasama dengan TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan gelar kegiatan workshop. Dimana acara tersebut merupakan workshop tentang pencegahan dan penanggulangan balita gizi buruk atau kurang tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Ada sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya pada acara itu. Mereka ialah Kepala Dinas Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim, Dr Husaini, Dr Toto Sudargo serta Dr Grace Wangge. Termasuk Ketua TP PKK Kalsel, Raudhatul Jannah yang turut menyampaikan pemaparan perihal materi workshop.

Pada acara yang bertempat di Hotel Aria Barito itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperbaiki masalah gizi. Bahkan acara itu melibatkan berbagai sektor terkait.

“Dinkes Provinsi Kalsel jauh-jauh hari menangkap hal keterkaitan lintas sektor ini menjadi sebuah pilar yang harus didirikan. Sehingga kami melakukan berbagai upaya kerjasama dengan TP PKK dan FK ULM untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Terutama gizi buruk,” ucap Muslim.

Ia juga mengatakan telah mencermati sejumlah persoalan yang dihadapi. Sehingga pada 2018 ini ada tiga permasalahan yang menjadi prioritas.

Adapun prioritas itu yakni eliminasi TBC, penurunan stunting serta peningkatan cakupan dan mutu. Dimana pihaknya melakukan upaya cepat melalui sejumlah gerakan dan program untuk melaksanakan prioritas itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here