Program Pembangunan TMMD Kodim 1005 Marabahan Resmi Ditutup

0
79 views

Marabahan – Program percepatan pembangunan yang dilaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 periode 2018 di wilayah KODIM 1055 Marabahan sudah selesai dilaksanakan sesuai dengan jadwal danb berjalan lancar dan sukses.

“Program yang dimulai sejak 4 April-3 Mei 2018 difokuskan untuk melakukan pengerasan jalan yang menghubungkan dua kecamatan sepanjang tiga kilo meter serta perbaikan rumah-rumah warga yang tidak layak huni di Kecamatan Simpang Empat dan Kelurahan Batulicin,” kata Komandan Kodim 1055 Marabahan Letkol Arh Erwin HS, S.Kom, Kamis (3/5/2018).

Erwin mengatakan, proyek TMMD tersebut secara resmi sudah bisa dikatakan selesai, dan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat setempat. Adapun hasil sasaran fisik dan non fisik yang telah di capai kegiatan TMMD ke 101 yakni, sasaran fisik peningkatan Ruas Jalan Desa Pamurus sampai dengan Ds Tanggul Rejo Kec. Tabunganen 2540 M x 3M. Sasaran tambahan : Pembuatan Jamban sebanyak 4 Unit, Bedah Rumah 1 unit dan Rehab Musholla 1 unit.

Sasaran non fisik, bhakti Sosial Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis, asar Murah, Penyuluhan terdiri dari 16 orang dengan beberapa Materi yaitu, esadaran Bela Negara, KB Kes dengan Kesehatan, Kamtibmas, Penyuluhan Narkoba dan Rekrutmen TNI, Pertanian Pembuatan Pupuk Kompos.m

Acara tambahan, pembagian Sembako, Pasar Murah, Pengobatan Gratis, Sunatan massal, Kesenian Tradisional Reog Ponorogo dan Meninjau hasil pelaksaan TMMD.

Para anggota TNI-Polri dan masyarakat setempat terus semangat bergotong royong dari pagi, siang dan malam merampungkan pengerjaanya, sehingga selesai sesuai waktu yang sudah direncanakan, yaitu kurang lebih 30 hari.

Erwin berharap apa yang telah dilaksanakan pada program TMMD akan bermanfaat besar bagi masyarakat, baik berupa pembangunan maupun berupa penyuluhan-penyuluhan yang dilaksanakan para anggota TNI pada program TMMD ke 101 tersebut.

“Untuk akses jalan, jalan usaha pertanian tentu saja sangat memiliki arti besar bagi akses perekonomian, pertanian dan pendidikan warga sekitar,” katanya.

Untuk bedah rumah dan peerbaikan tempat ibadah diharapkan warga sekitar akan terbiasa hidup sehat dan bersih, karena bagaimanapun mereka adalah saudara kita sebangsa dan setanah air yang berhak pula menikmati kemerdekaan di NKRI ini untuk mendapatkan hidup yang layak.

Selain itu ia menambahkan, keberhasilan pembangunan pedesaan tolok ukurnya yaitu meningkatnya pemerataan tingkat kesejahteraan masyarakat, yang hasilnya akan menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, kata Erwin, TMMD adalah salah satu bentuk Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta Komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.

Program ini dimaksudkan sebagai suatu upaya untuk mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat di pedesaan untuk membangun daerahnya sehingga akan terwujud suatu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan terciptanya kondisi keamanan yang kondusif, serta tercipta kemanunggalan TNI-Rakyat untuk didayagunakan bagi kepentingan pertahanan Negara.

“Dan yang paling terpenting eksistensi dari program TMMD adalah untuk melangsungkan pembangunan dan ketahanan wilayah,” katanya.

Hadiri dalam kegiatan tsbt sbb :

1. Pa LO AL Kodam VI/Mulawarman Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi.
2. Pa Ahli Kodam VI/Mulawarmam Kolonel Kav Harfuddin Daeng
3. Dandim 1005/Marabahan Letkol Arh Erwin HS, S.Kom
4. Dandim 1006/Martapura Letkol Inf M Ghofar
5. Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Jumadal Aulia
6. Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji
7. Dan Lanud Samsuddin Nur Letkol Penerbang Abdul Haris
8. Dansecaba Rindam VI/Mlw Letkol Inf Bahroddin.
9. Wakapolres Kab. Batola Kombes Handoyo Y Santoso.
10.Kadis PU Bpk Kasful anwar
11. Kasdim 1007/Banjarmasin
12. Kasi Intelrem 101/Antasari
13. Asisten II Kab. Batola Antoni S.sos
14. Kadis PU Bpk Kasful anwar
15. FKPD Kab. Batola
16. Unsur Muspika Tabunganen dan Tamban.
17. Tokoh Masyarakat dan Agama.

B. Pejabat Upacara al :
– Irup Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto
– Danup Kapten Caj Muthadi Budi W
– Pa Up Kapten Inf Mahfudiansyah
– Pembaca Laporan pelaksanaan TMMD Mayor Inf Arifuddin S.Ag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here