Jasa Raharja Kalsel: Jumlah Kasus Kecelakaan Turun 40 Persen

0
2

Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalsel, Zulham Pane, mengatakan kenaikan klaim santunan mengacu Peraturan Menkeu Nomor 16/PMK.10/2017 tentang Besaran Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, yang mengalami kenaikan 100 persen.

Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan sudah mengeleuarkan klaim kecelakaan lalu lintas sebesar Rp 8 miliar untuk periode Januari-Mei 2018. Angka itu melonjak dibanding realisasi periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp 700 juta dan Rp 1,1 miliar untuk tahun 2017.

“Korban kasus kecelakaan di Kalsel secara umum mulai menurun hingga 40 persen. Selain itu, pembayaran klaim bisa lebih cepat karena sistem jemput bola dan proaktif dengan mitra kerja teknis, seperti kepolisian,” ujarnya.

Zulham merinci setiap ahli waris santunan korban meninggal dunia yang semula Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta, dan santunan cacat tetap dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta. Kemudian santunan penggantian biaya perawatan dan pengobatan maksimal dari Rp 10 juta menjadi Rp 20 juta, serta penggantian biaya penguburan sebesar Rp 4 juta dari sebelumnya Rp 2 juta.

Sementara untuk momen Lebaran 1439 Hijriah, ia menyiapkan Mobil Unit Keselatan Lalu-lintas (MUKL) di beberapa titik mobilitas pemudik seperti, terminal, dermaga penyeberangan dan pelabuhan. Pelaksanaan kegiatan pos pelayanan kesehatan terpadu bekerjasama dengan instansi teknis, seperti kantor kesehatan pelabuhan, Pelindo 3 Banjarmasin, Angkasa Pura, dan lainnya.

Pelaksanaan aksi simpatik dalam berntuk dukungan kepada petugas pos layanan atau pengamanan PAM lebaran 1439 H. Pihaknya juga memasang spanduk himbauan keselamatan berlalulintas di tempat-tempat strategis.

Selain itu, Jasa Raharja menyiapkan sarana pencegahan kecelakaan secara bertahap kepada mitra terkait yakni helm 80 buah, traffic cone 220 buah, barikade 50 buah, rompi 470 buah, jas hujan 80 buah, lifebuoy 40 buah, life jaket 60 buah, papan info UGD 10 buah, senter 75 buah, stick cone 70 buah, dan tenda 3 buah.

“Kami lakukan bertahap penyerahannya ke mitra kerja yakni ke Polda Kalsel 150. Juga ada stic cone 50 buah, tenda polisi, tenda payung, senter polisi itu yang kita serahkan ke Dirlantas Polda Kalsel. Bahkan 100 spanduk siap kita sebar untuk dipasang di tiap polres,” kata Zulham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here