Kegiatan Ibadah Warnai Hari Jadi Kotabaru

0
96 views

Kotabaru – Puncak acara Hari Jadi Kabupaten Kotabaru, Kalsel diwarnai dengan kegiatan ibadah. Itu dilakukan karena Hari Jadi Kotabaru ke 69 yang jatuh pada tanggal 1 Juni itu bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Peringatan berdirinya kabupaten Kotabaru tahun 1950, tahun lalu merupakan peringatan ke 68.

Peringatan tahun-tahun sebelumnya yang selalu di laksanakan pada pagi hari di tanggal 1 Juni, dengan berbagai rangkaian acara kesenian dan tari serta rangkaian beberapa sambutan dan pidato. Kali ini peringatan hari jadi kabupaten Kotabaru dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan ibadah, berkenaan tepat di bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah.

Acara itu dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H. Sabirin Noor. Rangkaian acara di mulai dengan buka puasa bersama yang dihadiri warga masyarakat yang jumlahnya tidak terbatas. Kemudian dilanjutkan dengan acara sholat magrib berjamaah di atas bangunan panggung atas laut Siring laut. Dilanjutkan dengan shalat isya dan shalat tarawih bersama.

Kata Kasubbaghumas Setda Kotabaru, Hj. Nana kepada wartawan sholat tarawih adalah rangkaian ibadah terakhir yang dilaksanakan bersama, sebelum gelar seni tari dan Drama Mamanda yang diperankan oleh Bupati Kotabaru, H. Sayid Jafar Al Idrus sebagai Raja di suatu kerajaan dan para kepala dinas sebagai menteri menterinya.

Dalam gelar Mamanda yang disaksikan oleh para tamu undangan, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sabirin Noor beserta pejabat provinsi lainnya dan para Bupati, serta mantan Bupati Kotabaru, H. Tata M Anwar, H. Bektam, H. Sjachrani Mataja dan H. Irhami Ridjani, ketua DPRD Kotabaru Hj. Alfisah dan segenap unsur forkopimda Kotabaru, satu persatu menteri memberikan laporan pada paduka yang mulia raja.

KA. BPKAD Kotabaru H. Kadir sebagai pemeran menteri keuangan melaporkan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) telah melakukan pemeriksaan terhadap keuangan Kerajaan selama 50 hari lamanya, dan hasilnya dinyatakan baik.
Demikian juga para menteri menterinya yang lain silih berganti memberikan laporan nya.

Di penghujung acara gelar hari jadi Kotabaru, grup band Ibukota Samsons menghibur dengan 5 lagu berturut-turut, yang di sambut antusias oleh warga, menyeruak masuk mendekati panggung acara dan berinteraksi dengan idola mereka.
Disisi lain, berkaitan dengan upacara puncak hari jadi Kotabaru ke 68, Hidangan soto Banjar dan bakso daging sapi dan daging ikan sengaja di hidangkan untuk siapa saja yang mau mencicipinya.

Tak pelak, para penyaji nampak kewalahan melayani ratusan peminat bakso dan soto Banjar yang berdesakan. Sehingga penyaji bakso sempat beralasan kehabisan, padahal masih banyak. Namun ia kembali melayani setelah jumlah antrian melonggar. Demikian juga penyaji soto Banjar tidak henti meracik dan menghidangkan mangkok mangkok sajian mereka sampai pukul 1.00 dini hari saat para tamu dan warga bubar dan pulang.

Sementara Gubernur H. Sabirin Noor dan rombongan serta Bupati Kotabaru H. Sayid Jafar Al – Idrus bersama kepala SKPD melanjutkan kegiatan hingga dini hari ke pantai Gedambaan Desa Sarang tiung, guna Sahur bareng, sekaligus Gubernur mencoba menggunakan fasilitas Cottages Salah satu unggulan Destinasi Wisata Kotabaru tersebut. (ani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here