KWT Harapan Bunda Punya Kebun Pepaya Merah Delima

0
165 views

Majunya teknologi pertanian, baik tanaman pangan maupun hortikultura yang dibidani para penyelia Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan kementerian pertanian terus berkembang pesat. Akhir-akhir ini telah ditemukan varietas unggul hortikultura jenis papaya berumur pendek sudah berbuah. Varietas baru itu adalah papaya Merah Delima, yang berumur 4 bulan sudah berbuah. Pepaya yang hampir sejenis papaya Calipornia tersebut, disebut juga papaya madu karena rasanya sangat legit berbeda dengan rasa papaya lainnya.Bentuk papaya mempunyai panjang rata-rata 30 centimeter.

Rongga dalam berbentuk bintang segi lima warna daging merah delima,dengan berat rata-rata 2 kg ,berbuah lebat bila berumur 8 bulan. Demikian Susi Lesmayanti dari BPTP Balitbangtan Kalsel menjelaskan, saat menyerahkan bibit pepaya varietas baru di desa Pematang Panjang kecamatan Sungai Tabuk Rabu 6 Juni 2018.

Pepaya merah delima pertama dikembangkan di Solok Sumatera Barat dan ditangkarkan BPTP Kalsel, saat ini baru ada tersedia 15 ribu tegakkan dan 5000 diantaranya dibudidayakan dikabupaten Banjar. Dengan demikian kabupaten Banjar diharapkan akan menjadi sentra papaya Merah Delima (Pepaya Madu) yang pertama di Kalsel dan didesa Pematang Panjang kecamatan Sungai Tabuk ,tepatnya dibudidayakan di lahan Kelompok Wanita Tani

Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Banjar Ir H Eddy Hasby MP didampingi kepala BPP Sungai Tabuk H Yajidi SP mengharapkan, harapan bunda dikawasan KRPL, binaan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) kabupaten Banjar, budidaya papaya yang mempunyai nilai ekonomi tersebut bisa berkembang dan dibudidayakan di halaman rumah masing-masing agar terpelihara dengan baik, sehingga menjadi nilai tambah perekonomian warga.

ayi Kuswana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here