Rosehan NB Gerak Jalan Sore Bersama Warga untuk Serap Aspirasi

0
67 views

Anggota DPRD Kalsel Rosehan NB memanfaatkan masa reses dengan menggelar jalan-jalan sore sambil serap aspirasi masyarakat, Jumat (22/6). Kegiatan yang dilakukan di muka Taher Square ini tak ayal menjadi perhatian warga , karena peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai ratusan orang.

Uniknya, kegiatan jalan –jalan sore juga diselingi atraksi hiburan barongsai. Lalu bagaimana cara menyerap aspirasi ribuan orang tersebut. Rosehan memiliki cara cukup efisien dan jitu. Sebelum kegiatan digelar, dia membagikan formulir kepada peserta JSS.

Di dalam formulir pendaftaran itu, selain menulis identitas diri, peserta diminta untuk menulis aspirasi, saran, keinginan, pertanyaan dan apapun yang terkait dengan uneg-uneg mereka.

“Alhamdulillah, kegiatan Jalan Sore Soreminimal diikuti 1.000, dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan ada yang mencapai 2.000,” jelas Rosehan.

Setelah Lebaran, kata Rosehan, JSS sudah dilaksanakan selama dua kali, Kamis (21/6/2018) di kawasan Kelayan A, dan Jumat (22/6/2018) di kawasan Kuripan/Veteran.

“Hari ini, Sabtu (23/6/2018) Insya Allah di Seberang Mesjid,” ujarnya.
Menurut Rosehan, reses untuk menyerap aspirasi dengan cara ini cukup efektif dibanding pertemuan.

Karena, jelas dia, semua warga dari berbagai lapisan dan golongan serta latar belakang bisa menyampaikan aspirasi mereka tanpa ada batas ataupun perasaan takut.

“Biasanya kan orang ada yang malu bicara langsung. Nah, ini mereka bisa lewat tulisan,” kata Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (IKA FH UNLAM) ini.

Selama dua kali JSS yang sudah digelarnya pasca-Lebaran, Rosehan mengungkapkan berbagai keluhan di masyarakat.
“Sebagian besar mengeluhkan infrastruktur. Mereka ingin perbaikan misalnya jalan, gang, jembatan, pasar. Tapi ada juga yang menanyakan cara mendapatkan beasiswa. Pokoknya bermacam-macam,” ujarnya.

Kata Rosehan, semua aspirasi masyarakat tersebut baik yang disampaikan secara langsung saat kegiatan JSS maupun yang ditulis dalam formulir, akan disampaikannya ke DPRD dalam bentuk laporan.

“Sebagian besar memang bersentuhan dengan kewenangan Pemko Banjarmasin. Namun saya kan Dapil Banjarmasin, jadi bisa saja aspirasi itu saya sampaikan ke pejabat terkait di Pemko Banjarmasin,” tandasnya.

Untuk menarik minat warga, Rosehan mengakui JSS diisi dengan hiburan musik yang mengundang artis lokal, juga ada doorprize.

“Memang harus ada cost lebih yang kita keluarkan, tapi itulah konsekuensi sebagai wakil rakyat agar benar-benar bisa menyerap aspirasi masyarakat,” katanya.

hms

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.