Diterapkan Aturan Tegas Tarif Cukai Produk Tembakau dan Vape

0
35 views

JAKARTA – Pemerintah Indonesia saat ini tengah menerapkan aturan tegas terkait keberadaan Vape dan dan tairf cukai produk tembakau. Hal itu akan mulai diterapkan pada 1 Oktober 2018 mendatang.

Disebutkan, untuk kategori hasil pengolahan tembakau alinnya atau HPTL, sebelumnya sudah dikenakan tarif sebesar 57 persen yang muali dilakukan pada 1 Juli 2018 lalu.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi mengatakan, pada 1 Oktober mendatang pihaknya akan menindak tegas dengan melakukan penyitaan terhadap produk Vape yang tidak memiliki pita cukai. Dia juga menyebutkan perlakuan itu sama seperti produk tembakau lainnya jika melanggar ketentuan yang berlaku.

“Jadi Vape ini adalah bagian dari objek cukai. Jadi ketentuannya ikut dengan yang objek cukai yang lain, sama. Jadi rokok tanpa pita cukai ya kita enforce, kita akan tangkap. Nah ini juga sama. Jadi kalau vape ini nanti setelah batas waktu transisinya sudah selesai dia masih belum ada pita cukainya kita akan sita,” tegas Heru di Gedung Bea Cukai, Jakarta pada Rabu (18/7).

Disampaikan, nantinya pihak Bea Cukai akan melakukan pemeriksaan rutin dan berkala untuk perdagangan vape dan jika dilapangan ditemukan adanya kecurangan, pemerintah tidak akan segan memberikan teguran tertulis, penarikan hingga penyitaan dan penutupan pabrik.

“ya kita sita barangnya, kita musnahkan barangnya. Kita kenain sanksi, kita tutup. Kalau dia ilegal tutup. Semua ni yang kitaterapkan dirokok kita terapkan juga di Vape. Sidak, operasi pasar, sanksi, denda, semuanya,” ujar Heru.

rel/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here