Pancasila Lahir Dari Peradaban Dan Kebudayaan Bangsa Indonesia

0
4

Martapura,Info Banua.Peradaban dan kebudayaan yang kita gunakan dalam kehidupan setiap harinya sudah turun temurun menjadi panutan dan patokan dalam hidup kita untuk dapat bisa mengarahkan dan menuntun kepada aturan – aturan sehingga kehidupan ini dapat berjalan selaras sebagaimana mestinya,kata Anggota MPRRI Dapil Kalimantan Selatan Antung Fatmawati,saat menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di hadapan masyarakat dan tokoh masyarakat,desa Danau Salak,Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar,Selasa (17/7/2018).

Aturan dan norma yang diadopsi dari peradaban dan kebudayaan adalah wujud nyata dan implementasi yang melahirkan Pancasila sebagai jalan hidup bangsa Indonesia,katanya.

Kebudayaan dan peradaban lahir dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dapat disimpulkan bahwa pancasila lahir dari cita –cita rakyat Indonesia itu sendiri,jelasnya.

Menurut Antung Fatmawati,para pendahulu kita yang menjadi pengonsep Pancasila sudah sangat paham dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh rakyat Indonesia. Oleh karena itu pancasila dirumuskan hingga akhirnya disahkan karena sudah melengkapi dan mengakomodir cita – cita rakyat dan tuntunan jalan hidup bagi bangsa Indonesia.

Pancasila diikuti dan dijalankan oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai perwujudan jalan hidup dan cita – cita bangsa di dalam perjalanannya bukan tanpa halangan. Seiring dengan berjalannya kehidupan, maka terdapat pula permasalahan dalam kehidupan berpancasila. Pergesekan antar masyarakat, pergesekan kepentingan ,bahkan hingga pergesekan dengan ruang lingkup yang lebih luas. Menjadikan semakin berjalannya waktu, pancasilapun semakin menyesuaikan dengan zaman. Karena dasar filosofi negara yang telah tertuang dalam Pancasila yang dipatenkan, namun tetap bersifat dinamis mengikuti perubahan zaman.

“Oleh karena itu Pancasila menjadi dasar setiap lembaga, instansi, bahkan setiap kelompok dan organisasi di Indonesia dalam melakukan setiap kegiatan. Unsur dasar pancasila yang diterapkan kepada masing – masing kelompok atau golongan menjadikan negara ini selalu dilindungi dan diawasi oleh pancasila sebagai dasar negara”,imbuh Antung Fatmawati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here